x

Masuki Akhir Renstra 2020-2024, Sekjen Targetkan Kementerian ATR/BPN Naik Level

waktu baca 3 menit
Kamis, 7 Mar 2024 03:24 0 41 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Mengawali rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2024, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana menyampaikan arah serta kebijakan strategis pengelolaan pertanahan dan ruang yang menjadi panduan dalam pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) lima tahun ke depan. Mengingat tahun 2024 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan Renstra 2020-2024, ia menargetkan Kementerian ATR/BPN naik level.

Menurut Suyus Windayana, capaian kinerja yang diraih pada tahun 2023, menunjukkan kenaikan prestasi yang signifikan. Sejumlah capaian dari segi serapan anggaran, program pelayanan pertanahan dan tata ruang, semuanya hampir melebihi target yang telah ditetapkan. Termasuk, indikator kinerja yang juga semuanya mengalami peningkatan. “Ini capaian kita di 2023 semuanya hampir melebihi target yang ada. Capaian ini menjadi modal yang bisa kita raih untuk mencapai Kementerian ATR/BPN Next Level,” kata Sekjen Kementerian ATR/BPN, Rabu (06/03/2024) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Sedikitnya, ada lima hal yang harus ditransformasikan untuk bisa naik level. Mulai dari mindset, sumber daya manusia (SDM), budaya kerja, proses bisnis, hingga teknologi menjadi faktor yang dituntut untuk segera dilakukan perubahan. Dari segi mindset, Suyus Windayana menuturkan, jajaran Kementerian ATR/BPN harus berorientasi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya melalui kevalidan data.

“Kita mulai pindah, mulai tahun ini kita masuk ke environment baru, bagaimana Bapak/Ibu memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Makanya, data itu jangan sampai ada residu, jadi Bapak/Ibu tidak lagi mengejar target menjadi juara, saya lebih senang Bapak/Ibu menyelesaikannya sesuai dengan ketentuan dan tidak menyisakan masalah di kemudian hari,” ucap Suyus Windayana.

Terkait kevalidan data, Kementerian ATR/BPN mulai melangkah dengan mendorong kabupaten/kota menjadi lengkap terdaftar dan terpetakan. Setidaknya, ditargetkan 104 kabupaten/kota menjadi Lengkap di tahun 2024. “104 Kantor Pertanahan ini yang akan menjalankan misi kita untuk menjadi next level, di mana akan diwujudkan kantor modern, berintegritas, dan berstandar dunia. Karena, semua negara-negara yang maju adalah negara yang kotanya sudah Lengkap, kemudian berintegritas tidak ada lagi pungutan,” lanjut Suyus Windayana.

“Itu yang akan kita lakukan, meskipun tidak mudah untuk mencapai ATR/BPN Next Level ini tapi kita harus pastikan bahwa kita akan mengeluarkan lebih banyak Kota Lengkap, Zona Integritas, Layanan Elektronik, kemudian tanah yang berkeadilan dan minim sengketa,” tambah Sekjen Kementerian ATR/BPN.

Menutup paparannya dalam Rakernas ini, Suyus Windayana menyimpulkan tiga hal yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan ATR/BPN Next Level, yaitu kenyamanan dalam bekerja, peningkatan indeks kinerja, dan menghasilkan produk yang dijamin oleh negara. “Saya inginnya kita kerja ke depan kita lebih nyaman, tidak ada masalah hukum. Bagaimana mewujudkannya, ya data kita harus lebih baik, koordinasi harus lebih baik. Lalu, bagaimana produk yang kita keluarkan betul-betul dijamin negara, bagaimana negara menggaransi terhadap produk yang kita keluarkan. Itu hal yang menjadi dasar bagi kita untuk lanjut menaikan level,” pungkasnya.

Baca Juga: Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Kapolri,, 

Hadir mengikuti rangkaian pembukaan Rakernas kali ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya; Penasihat Utama dan Staf Khusus Menteri; para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Tenaga Ahli Menteri; para Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN seluruh Indonesia beserta jajaran. Hadir pula menjadi narasumber, Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Badan Siber Sandi Negara (BSSN). (LS/PHAL).

 

Pewarta: SFR

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x