x

Rapat Pembahasan LKPJ 2023, Wali Kota Helldy Nilai Kolaborasi DPRD dan Pemerintah Membanggakan

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Apr 2024 20:13 0 29 Redaksi

DelikAsia.com, (Cilegon) | Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menilai bahwa kolaborasi dan kerjasama antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sudah berjalan sangat baik dan membanggakan. Hal itu disampaikan Helldy saat menghadiri Rapat Gabungan (Ragab) Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Cilegon Tahun 2023 bersama DPRD dan Pemkot Cilegon di Ballroom Arya Duta Hotel Tangerang, Jumat 26 April 2024.

“Kita patut bangga bahwa kolaborasi yang baik antara unsur eksekutif dan DPRD sebagai penyelenggaraan pemerintah menghasilkan berbagai pengakuan dan penghargaan dari pihak eksternal,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat 26 April 2024.

Dalam hal ini, Helldy berharap kolaborasi yang baik tersebut dapat terus terjaga. “Kami ucapkan terimakasih kepada DPRD atas kerjasamanya. Kami berharap kemitraan yang sudah tercipta sedemikian baik ini dapat terus terjalin dan terjaga, terbina dan bahkan lebih ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Menurut Helldy, Dokumen LKPJ merupakan instrument evaluasi. Secara subtansi, dokumen LKPJ Wali Kota Tahun 2023 telah disampaikan pada paripurna penyampaian LKPJ beberapa waktu yang lalu. “Secara umum, dokumen LKPJ merupakan salah satu instrument evaluasi terhadap kinerja pembangunan sepanjang tahun 2023,” tuturnya.

Dijelaskan Helldy, tahun 2023 merupakan periode pemulihan dan penguatan pencapaian pembangunan pasca Covid pada tahun 2019, 2020 dan 2021. “Pada tahun 2023 berbagai sektor pembangunan sudah mulai mengalami akselerasi serta penguatan pertumbuhan yang mengarah kepada kondisi yang lebih baik, diantaranya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang menurun dari 8,10 persen menjadi 7,25 persen pada tahun 2023. Selain itu, laju investasi juga melesat 14,72 persen dengan nilai investasi tertinggi di Provinsi Banten,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin memaparkan bahwa Pemkot Cilegon telah mengambil langkah atas saran yang disampaikan DPRD Kota Cilegon. “Secara umum, DPRD telah memberikan saran terkait pembangunan sebelum tahun 2023, dan Pemerintah Kota Cilegon telah mengambil langkah-langkah untuk mengimplementasikannya sepanjang tahun 2023.

Sebagian besar rekomendasi tersebut juga telah diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan yang sedang disusun pada tahun 2024,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun menyampaikan bahwa Ragab Pembahasan LKPJ 2023 itu merupakan tindak lanjut dari penyampaian LKPJ Wali Kota Tahun 2023 yang diserahkan kepada Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Cilegon. “LKPJ Wali Kota ini juga merupakan bentuk nyata upaya menciptakan pemerintahan yang efektif dan bertanggung jawab selama 1 tahun yang telah dikaji oleh Pansus DPRD Kota Cilegon,” ungkapnya.[NR/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x