x

Maman Minta Sekretaris OPD dan Operator SP4N LAPOR Berperan Aktif

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Jan 2024 22:17 0 26 Redaksi

DelikAsia.com, (Cilegon) | Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin hadir memberikan sambutan dan arahan pada hari ke dua Lokakarya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Kota Cilegon, di Aula Diskominfo Kota Cilegon, Selasa 30 Januari 2024.

Dalam kesempatan ini Maman menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut sebab hal itu dapat menjadi tolak ukur semakin baiknya pelayanan kepada masyarakat di Kota Cilegon.

“Pelayanan saat ini dipermudah dengan sistem satu pintu. Sebelumnya, pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin.

Oleh karena itu, pemerintah pusat membentuk SP4N-LAPOR untuk mencapai visi membentuk pemerintahan yang baik (good governance) yang mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu.

“SP4N-LAPOR dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya. Layanan ini telah terhubung dengan 34 kementerian, 96 lembaga, dan 493 pemerintah daerah di Indonesia,” ungkapnya.

Maman pun meminta SP4N-LAPOR menjadi titik perubahan Kota Cilegon dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu saya minta para operator dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapat laporan untuk berperan aktif, serta memberikan respons di setiap laporan masyarakat.

“Perlu ketahui bahwa aplikasi SP4N LAPOR ini selalu dimonitoring oleh admin pusat dalam hal ini Kemenpan, Kemendagri dan Ombudsman. Maka dari itu saya meminta kepada para sekretaris OPD untuk lebih bisa memahami bisnis kerja dari pelaksanaan SP4N LAPOR, dan jangan hanya mengandalkan operator saja,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Cilegon Agus Zulkarnain juga mendorong kepada Admin SP4N–LAPOR di setiap OPD untuk lebih responsif terhadap keluhan masyarakat.

“Keluhan dari masyarakat harus segera kita tindak lanjuti dengan cepat, jangan sampai lambat sebab hal itu merupakan salah satu indikator kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di era keterbukaan informasi saat ini,” kata Agus.[NR/RED].

Sekda Pemkot Cilegon Maman Mauludin hadiri Lokakarya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Kota Cilegon,

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x