x

Sukseskan Hari Nusantara 2023, Ditjen Hubla Siapkan Akomodasi Terapung KM Tatamailau di Pelabuhan Trikora

waktu baca 2 menit
Jumat, 8 Des 2023 23:44 0 30 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 yang direncananakan akan dilaksanakan di Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan beberapa dukungan, salah satunya yaitu menyiapkan kapal yang dapat dimanfaatkan sebagai akomodasi terapung selama penyelenggaraan Hari Nusantara.

“Kami bersama dengan PT Pelni menempatkan KM Tatamailau sebagai akomodasi terapung di Pelabuhan Trikora, Soasio Tidore selama 4 (empat) hari sejak tanggal 11-14 Desember 2023,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting di Jakarta, Jumat (8/12).

Menurutnya, KM. Tatamailau yang ditempatkan sebagai akomodasi terapung dapat dimanfaatkan para peserta untuk tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, serta sopir shuttle bus. “Selain itu, ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu VIP jika ingin mengunakan fasilitas hotel terapung ini,” katanya.

Ia menjelaskan, Kapal KM Tatamailau menyiapkan kapasitas 1.000 pax yang terdiri dari Kabin Kelas I berjumlah 7 kamar dan masing-masing dapat diisi 2 orang dengan total sebanyak 14 orang, Kabin Kelas II berjumlah 10 kamar dan masing-masing dapat diisi 4 orang dengan total sebanyak 40 orang dan Kelas Ekonomi berjumlah sebanyak 907 orang. KM Tatamailau juga menyediakan berbagai fasilitas diantaranya cafeteria, mushola, toko dan klinik.

“Selain menyediakan akomodasi terapung, kami juga menyiagakan 5 (lima) Pelabuhan guna mobilisasi masyarakat diantaranya yaitu Pelabuhan Ternate, Pelabuhan Mangga Dua, Pelabuhan Ferry Bastiong, Pelabuhan Rum dan Pelabuhan Soasio,” tutur Capt. Hendri.

Mobilisasi regular Pelabuhan penyeberangan Bastiong – Rum (PP) terdapat layanan kapal Ferry 3x sehari, per kapal kapasitas 300 orang, dan mobil 30 unit. Ditambah juga terdapat layanan 52 speed boat dengan kapasitas 16 orang dan 30 orang, per hari 5-6 call. Sehingga total rata-rata pergerakan 4.000 orang dari Ternate ke Tidore (PP). Selain itu terdapat layanan kapal rede dari Soasio menuju Pelabuhan Ahmad Yani (Ternate).

Sebagai informasi, untuk info pemesanan tempat inap dapat dilakukan dengan menghubungi nomor Panitia/PIC Kapal KM Tatamailau 0822 8760 4433 atau dengan mengisi link google form https://bit.ly/harinusantara2023.[RSF/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x