x

Pantau Langsung Pelabuhan Sanur, Situasi Pelabuhan Berjalan aman dan Kondusif

waktu baca 2 menit
Kamis, 11 Apr 2024 18:56 0 17 Redaksi

DelikAsia.com, (Bali) | Kepala Kantor KSOP kelas II Benoa Capt. Herbert E.P. Marpaung Kepala Kantor KSOP Kelas II Benoa di dampingi oleh Ibu Eka Suyasmin Ka. UPP Nusa Penida dan Bpk Dian Minarto Kasi Lala KSOP Benoa, melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Sanur, Rabu (11/4).

Dalam kunjungan tersebut Capt. Herbert mengatakan siatuasi pelabuhan di H+1 Idul Fitri berjalan baik dan kondusif.

“Saat ini dapat dilaporkan bahwa pelabuhan Sanur ramai dikarenakan masa libur hari raya, namun situasi berjalan aman dan kondusif,” ucap Capt. Herbert.

Lebih lanjut Capt Herbert mengatakan , Kunjungan kerja dilakukan guna memantau secara langsung pergerakan dan pengendalian penumpang di Pelabuhan Sanur yang diprediksi mencapai puncaknya pada hari ini.

“Rata-rata harian keberangkatan penumpang adalah 5000an orang dan telah dilakukan berbagai langkah-langkah pengendalian guna mengantisipasi puncak pergerakan penumpang berangkat dari Pelabuhan Sanur hari ini yang diperkirakan bisa mencapai 8000an orang dengan tujuan utama ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan,” jelas Capt. Herbert.

Capt Herbert juga menyampaikan berbagai langkah koordinasi dan antisipasi yang dilakukan antara lain memastikan penumpang yg masuk ruang tunggu adalah penumpang yg siap diberangkatkan sesuai jadwal keberangkatan kapal, sementara penumpang lainnya menunggu di kantor-kantor travel agen/operator kapal dan area-area bisnis lainnya di sekitar pelabuhan.

Kemudian koordinasi dengan Dinas Perhubungan, Kepolisian dan unsur masyarakat dalam pengendalian kemacetan dan kesiapan kantong-kantong parkir kendaraan serta melakukan percepatan-percepatan terkait penerbitan Surat Persetujuan Berlayar.

“Langkah-langkah ini cukup berhasil terlihat dari pantauan, walau penumpang padat tapi masih berjalan lancar, aman dan terkendali,” pungkas Capt. Herbert.

Lebih lanjut Capt. Herbert juga menyampaikan bahwa armada kapal penumpang yang tersedia sebanyak 53 kapal yang beroperasi masih cukup untuk melayani kondisi yang ada, sehingga tidak memerlukan penggunaan armada kapal cadangan yang telah disiapkan sebanyak 10 kapal.

Aspek keselamatan pelayaran juga menjadi perhatian dengan terus melakukan pemantauan cuaca secara berkala, secara konsisten melakukan himbauan keselamatan dan pelaksanaan patroli keselamatan pelayaran sesuai rencana operasi dan SOP yang telah ditetapkan.

Dalam kunjungan ini, Capt. Herbert juga menyempatkan mengunjugi posko angleb dan memotivasi para petugas posko dalam pelayanan dan pelaksanaan tugas.[S4F/RED].

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x