x

Esensi Idul Adha 1445 H, Prajurit Menarmed 2 Kostrad Rela Berkorban dan Ikhlas

waktu baca 2 menit
Senin, 17 Jun 2024 22:45 0 19 Redaksi

DelikAsia.com, (Kota Malang) | Seluruh keluarga besar Menarmed 2 Kostrad melaksanakan sholat Idul Adha 1445 H di lapangan hijau Resimen Armed 2/PY/2 Kostrad, Jl. Narotama Barat No.22, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Senin 17 Juni 2024.

Setelah melaksanakan sholat Idul Adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban yang dipimpin langsung Danmenarmed Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol., beserta staf jajarannya.

Dalam kesempatan yang berbahagia. Alhamdulilah untuk Idul Adha 1445 H tahun 2024 Menarmed 2 Kostrad menyembelih 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Danmenarmed Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., S.I.Pol dan keluarga menyerahkan hewan kurban 1 ekor sapi.

Momen perayaan Idul Adha merupakan perwujudan pengorbanan yang dilakukan sebagai media mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Perintah untuk berkurban diturunkan dalam Firman-Nya pada Al-Qur’an Surat Al-Kautsar ayat 2 yang memerintahkan kepada umat muslim untuk menjalankan salat karena Allah Subhanahu Wata’ala dan perintah melaksanakan kurban.

“Secara syari’at, kurban adalah kewajiban menyembelih hewan ternak yang memenuhi syarat tertentu bagi yang mampu sebagai bagian dari syiar Islam. Namun penyembelihan hewan kurban tidak semata sebagai ritual simbolik belaka untuk menggugurkan kewajiban bagi yang mampu untuk berbagi daging hewan kurban kepada orang-orang yang berhak,” ujar Danmenarmed.

Menurutnya esensinya terdapat nilai-nilai spiritual, sosial, dan kemanusiaan yang mendalam ketika kita berkurban.

Salah satu aspek utama dari ibadah kurban adalah pengorbanan, ketika seseorang memilih untuk menyembelih hewan kurban berarti ia mengorbankan sebagian dari harta yang telah diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepadanya.

Hal ini mencerminkan ketaatan dan kepatuhan kepada perintah Allah Subhanahu Wata’ala serta rasa syukur atas segala karunia-Nya.

Selain pengorbanan, ibadah kurban juga mengajarkan nilai solidaritas dan kepedulian sosial. Dengan membagikan daging kurban kepada yang membutuhkan maka menjadi pengingat bagi kita akan pentingnya berbagi rezeki dengan sesama, ungkap Letkol Arm Siswo Budiarto abituren Akmil 2001.

(Pewarta : Arif)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x