x

Tuntut Keadilan, APSS Desak Disnakertrans Provinsi dan Cilegon Untuk Selesaikan Hubungan Industrial PT. STL

waktu baca 3 menit
Jumat, 31 Mei 2024 19:34 0 21 Redaksi

DelikAsia.com, (Cilegon) |  Ratusan Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS) bersama beberapa organisasi LSM dan Ormas melakukan aksi unjuk rasa ke di depan Kantor BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat)Kelas II Banten dan kantor pelayaran PT. Surya timur line terkait adanya pemutusan hubungan kerja di salah satu perusahaan pelayaran di penyeberangan Merak- Bakauheni yang menurut APSS terkesan PHK sepihak. Dimana perihal masalah ketenagakerjaan dipelabuhan penyebrangan Merak ini dapat diselesaikan pihak BPTD. II Banten Kamis 30/05/24

Ketua Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS) Adhi Saban bersama 17 ormas LSM maupun seni budaya peguron akan terus menuntut haknya, mereka akan mengadakan aksi demo yang kesekian kalinya sampai tuntutan mereka terpenuhi. “Saban menjelaskan sebenarnya sudah dilakukan pertemuan ke Disnaker Kota Cilegon, Disnaker Provinsi Banten juga DPRD Kota Cilegon namun belum ada titik terang”

Saban juga menyampaikan jika Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) provinsi Banten dan Cilegon tidak menanggapi keluhan Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS), akan mengambil langkah

1. Melapor ke Disnaker Pusat, Sampaikan keluhan kepada Kementerian Ketenagakerjaan di tingkat pusat jika Disnaker provinsi Banten dan Cilegon tidak memberikan tanggapan.

2. Melaporkan Pengaduan ke Ombudsman, Republik Indonesia Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS), merasa ada kelalaian atau ketidakadilan dalam pelayanan publik.

3. Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS) akan mengambil Langkah Hukum, Pertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial jika keluhan Aliansi Peduli Selat Sunda (APSS), tidak ditanggapi sesuai hukum ketenagakerjaan yang berlaku.

Setiap langkah di atas bertujuan untuk memastikan hak pekerja dilindungi dan permasalahan ketenagakerjaan diselesaikan secara adil dan sesuai prosedur.

Saban juga mengatakan kepada awak media, ” Kita melakukan aksi demo ini tujuannya untuk unjuk rasa, menyampaikan pendapat agar PT. STL itu bertanggung jawab melakukan kewajibannya memberikan hak teman-teman kami yang di PHK. Dalam hal ini Kita sudah mengikuti semua aturan namun sampai saat ini belum ada titik temu, Dan kami minta BPTD sebagai regulasi atau pengawas dapat membantu kerena menurut kami masih banyak peraturan- peraturan yang belum di terapkan kepada perusahaan pelayaran .”

“Sampai detik ini PT TSL tidak ada etikat baik untuk berdamai, kami memberi ruang untuk ketua gapasdap untuk melakukan komunikasi kepada pihak STL namun bila tidak ada hasil kami akan melakukan aksi kembali.” Tegasnya.

Sementara itu Kepala BPTD kelas II Banten Dr.Drs. Benny Nurdin Yusuf, A.Md LLAJ., MH secara terpisah saat dikonfirmasi membenarkan ada unjuk rasa Aliansi Peduli Selat Sunda yang mana dikoordinir oleh beberapa gabungan LSM dan Ormas, dimana tujuan dari aksi tersebut adalah meminta BPTD kelas II Banten dapat membantu menjembatani problematika perihal masyarakat pelabuhan.

“Dari Aliansi yang di Ketuai Sa’ban di ketahui mereka sebenarnya sudah dilakukan pertemuan ke Disnaker Kota Cilegon, juga DPRD namun belum ada titik terang, dan pihak perusahaan pelayaran STL(Surya Timur Line) juga sudah dimediasi oleh pihak KSKP Pelabuhan Merak, namun sejauh ini belum ada titik temu,” Kata Benny Nurdin Yusuf, saat di konfirmasi

Sesuai topoksi BPTD sebagai bagian pengawasan di pelabuhan, akan mengundang yang terkait agar masalah ini cepat mendapatkan solusi yang baik.

“Selanjutnya teman teman Aliansi Peduli Selat Sunda(APSS) datang ke BPTD Kelas II Banten menyampaikan aspirasi dan menganggap BPTD dapat membantu menyelesaikan problematika ini . Tentunya sesuai topoksi BPTD sebagai bagian pengawasan di pelabuhan, akan mengundang yang terkait,” Ujarnya.

“Saya sampaikan kepada mereka (Aliansi) nanti kita undang pihak perusahaan pelayaran (STL) jika nanti masyarakat pelabuhan tidak ada hasil, silakan melaporkan perusahaan pelayaran ke aparat hukum, ” Tutup Benny Nurdin.[RED/* *]

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x