x

Gempabumi Tektonik M4,9 Dirasakan di Bawean Jatim

waktu baca 1 menit
Senin, 13 Mei 2024 15:46 0 11 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Kejadian dan Parameter Gempabumi, Hari Senin, 13 Mei 2024 pukul 13:42:33 WIB wilayah Bawean, JATIM dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.78° LS; 112.51° BT tepatnya di laut pada jarak 134 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 10 Km.

Adapun Jenis dan Mekanisme Gempabumi Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar sesar aktif di Laut Jawa.

Sedangkan dampak Gempabumi, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bawean III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Sementara gempabumi susulan, gempabumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Bawean M6,0 yang terjadi pada hari Jumat pukul 11.22.45 WIB dan telah tercatat adanya 661 kali gempabumi susulan (aftershock ).[RED/***]

 

Sumber: Daryono BMKG

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x