x

Pusaka 2023: Apresiasi bagi Pemangku Kepentingan Implementasikan Kebijakan Penguatan Karakter

waktu baca 4 menit
Sabtu, 16 Des 2023 23:23 0 35 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Kolaborasi bersama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan para pemangku kepentingan ekosistem pendidikan menjadi langkah strategis untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan kebijakan penguatan karakter.

Guna mengapresiasi komitmen seluruh pihak dari Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, dan seluruh ekosistem pendidikan dalam upaya-upaya strategis dan implementatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan, maka Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) mengadakan Apresiasi Pekan untuk Sahabat Karakter (Pusaka) Tahun 2023.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan bahwa upaya kementerian dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan tidak lepas dari dukungan dan kerja keras seluruh ekosistem pendidikan.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras dari Bapak/Ibu semua para pemangku kepentingan dan di puncak peringatan Pusaka tahun 2023 ini, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmennya dalam mengimplementasikan penguatan karakter bagi anak bangsa melalui instansi Bapak/Ibu masing-masing,” tutur Suharti di Plaza Insan Gedung A, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12).

Selain itu, ia juga mengucapkan selamat kepada instansi pemerintah daerah, dinas pendidikan, satuan pendidikan, dan UPT Kemendikbudristek yang menerima apresiasi penghargaan Pekan untuk Sahabat Karakter tahun 2023 ini. “Semoga apresiasi ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus berkolaborasi dalam penguatan karakter bangsa. Marilah kita bersama menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan, melahirkan generasi Profil Pelajar Pancasila, dan mewujudkan Merdeka Belajar,” ucapnya.

Tentang Pekan untuk Sahabat Karakter (Pusaka) Tahun 2023

Pusaka merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek untuk memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan serta instansi-instansi pendidikan yang selama ini telah bekerja keras dan menginspirasi dalam mengimplementasikan kebijakan dan program penguatan karakter.

“Kami di Pusat Penguatan Karakter ingin mengobarkan semangat dan optimisme pada semua Sahabat Karakter di seluruh Indonesia. Perlu kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan generasi Profil Pelajar Pancasila,” ucap Kepala Puspeka, Kemendikbudristek, Rusprita Putri Utami.

Sepanjang bulan November hingga akhir Desember, sudah ada serangkaian kegiatan Pusaka mulai dari Prolog, Dialog, hingga Epilog atau puncak pemberian apresiasi/penghargaan bagi Sahabat Karakter. Di setiap pekannya sepanjang bulan November hingga pertengahan Desember, telah diadakan Kelas Akhir Pekan atau Kesan dengan tema yang berbeda-beda dengan melibatkan secara langsung para Sahabat Karakter melalui zoom meeting ataupun yang menyaksikan pada kanal Youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI.

Kesan Pertama di awal November yang lalu, diadakan Kelas Kesehatan Mental yaitu bertepatan dengan Hari Roots Nasional atau Roots Day Nasional sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia. Kesan Kedua, diadakan Kelas Tutorial Pelaporan Pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (Satgas PPKSP). Melalui kelas pelaporan pembentukan TPPK dan Satgas ini kita berharap dapat mendorong percepatan pembentukan TPPK dan Satgas sebagaimana diamanatkan dalam Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Kesan Ketiga, diadakan Kelas Siswa Lintas Negara dengan mengusung konsep Keliling Dunia Betemu Kawan Baru. Di kelas ini peserta akan banyak belajar mengenai keragaman dan saling mengenal budaya antarnegara bersama dengan para siswa pertukaran pelajar dari Australia, Korea Selatan, Afrika Selatan, Mesir, dan Meksiko. Di Kesan Keempat, diadakan kelas dongeng. Tak kalah seru dengan kelas kesan sebelumnya, di kelas dongeng ini kita sama-sama belajar cara mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila pada anak.

Kesan Kelima, ada Kelas Kenali Diri dan Lingkungan. Pada kelas ini, kita belajar mengenali diri sendiri, mengetahui batasan diri sendiri dan orang lain, serta membangun lingkungan yang aman bagi semua. Terakhir, pada Kesan Keenam yakni Kelas Bahasa Isyarat. Tujuannya selain kita bisa mempelajari bahasa isyarat juga agar kita dapat menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman disabilitas khususnya penyandang tuli. Dengan demikian, diharapkan akan terbangun lingkungan yang inklusif dan saling menghormati dan memahami satu sama lain.

Pemberian Penghargaan Apresiasi Cerdas Berkarakter

Tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan serta inklusif dan berkebinekaan adalah milik bersama. Oleh karena itu, beragam kegiatan yang telah dilangsungkan dalam rangkaian Pekan untuk Sahabat Karakter (Pusaka 2023) didasarkan pada hari-hari besar internasional yang terkait dengan penguatan karakter, inklusivitas, dan pencegahan kekerasan.

Pada perayaan puncak Apresiasi Cerdas Berkarakter kali ini, selain menyuguhkan penampilan dari para penyanyi yang membawakan lagu-lagu bermuatan pesan penguatan karakter, juga akan ada pemberian penghargaan Apresiasi Cerdas Berkarakter.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada 35 penerima penghargaan yakni para pemangku kepentingan yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan, serta Unit Pelaksana Teknis Kemendidkbudristek yang telah menunjukkan komitmen serta kerja kerasnya dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan demi terwujudnya generasi emas yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila,” tutur Rusprita.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x