x

Pusinfomar TNI Melaksanakan Operasi Dukungan Informasi Pantauan Maritim Untuk Pengamanan VVIP di Kegiatan 10th WWF di Bali

waktu baca 2 menit
Rabu, 29 Mei 2024 09:17 0 16 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Pusinfomar TNI Melaksanakan Operasi Dukungan Informasi Pantauan Maritim Dalam Rangka Pengamanan VVIP Pada Kegiatan 10th World Water Forum di Bali Pusat Informasi Maritim TNI melaksanakan operasi dukungan informasi Pantauan Maritim (Panmar) dalam rangka pengamanan VVIP pada kegiatan selama 12 hari mulai tanggal 12 s/d 23 Mei 2024 terhadap potensi ancaman maritim guna mendukung tugas Pangkogabpadpam VVIP.

Dalam kesempatan ini, Pusinfomar TNI terlibat dalam mendukung suksesnya kegiatan 10TH World Water Forum di Bali melalui perannya dalam menyediakan informasi Panmar selama berlangsungnya kegiatan tersebut. Sebelumnya, Pusinfomar TNI juga pernah melaksanakan tugasnya dalam menyediakan informasi Panmar dalam kegiatan KTT ASEAN dan Pengamanan Maritim G20 tahun 2023 dimana Indonesia juga menjadi tuan rumah acara tersebut.

Secara lebih lanjut, Kapusinfomar TNI Laksamana Pertama TNI Robert Marpaung, M.A. yang bertindak selaku Dansatgas Panmar menyatakan bahwa “Sebanyak 25 personel Pusinfomar TNI yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Satgas Panmar pengamanan kegiatan 10TH World Water Forum 2024 di Bali, melaksanakan monitoring terhadap kapal-kapal yang berada di perairan yurisdiksi Indonesia”.

Dukungan pantauan pengamanan maritim dilaksanakan melalui Konsep Umum Operasi (KUO) Kegiatan Pengamanan yang meliputi antara lain, pantauan pengamanan maritim di perairan yurisdiksi Indonesia dalam radius 250 NM, 500 NM dan 1000 NM dari Poskout dan Poskotis serta melaksanakan distribusi info panmar kepada unsur laut dan udara serta pertahanan pangkalan/pertahanan udara, melaksanakan pantauan terhadap kapal militer/pemerintah asing wahana permukaan yang berada di perairan yurisdiksi Indonesia, terutama yang berada dalam radius pantauan. Membentuk Posko Utama dan Posko taktis dalam rangka pengendalian dan information sharing Panmar dengan satuan TNI maupun stakeholder kemaritiman.

Memberikan dukungan informasi maritim dalam mengantisipasi kemungkinan ancaman, hambatan, gangguan dan tantangan dari laut. Waktu pantauan H-6 tanggal 12 Mei 2024 s/d H+5 tanggal 23 Mei 2024 selama 12 hari. Komando dan Kendali (Kodal) dibawah Pangkogabwilhan II.

Pemantauan maritim ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen Pusinfomar TNI dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam memelihara dan meningkatkan keamanan maritim melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi bersama di bidang pengumpulan, penyediaan, dan pertukaran informasi antar pusat operasi maupun pusat informasi maritim nasional dan internasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.[RED/PUSPEN TNI]

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x