x

Wamenhan Mewakili Menhan Prabowo, Terima Courtesy Call KASAU Singapura

waktu baca 2 menit
Minggu, 28 Apr 2024 17:20 0 23 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra, mewakili Menhan Prabowo Subianto, menerima Courtesy Call KASAU Singapura, Brigadir Jenderal Kelvin Fan Sui Siong, di Ruang Manggala Yudha, Kemhan, Kamis (25/4).

Wamenhan M. Herindra memberikan sambutan hangat dan menyampaikan ucapan selamat atas diangkatnya Jenderal Kelvin sebagai Panglima Angkatan Udara Republic of Singapore Air Force (RSAF); dan mengapresiasi hubungan kerja sama dan komunikasi yang telah berjalan baik selama ini, baik dengan Kemhan maupun dengan TNI.

Kemhan mendukung penuh pola kerja sama militer antara Indonesia dan Singapura yang berpedoman pada prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan menghormati kedaulatan serta keutuhan wilayah dan hukum internasional.

Pada kesempatan tersebut, Wamenhan juga menyampaikan bahwa pada prinsipnya Indonesia siap mengimplementasikan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan (Defence Cooperation Agreement / DCA) antara Indonesia dan Singapura. Terkait dengan Military Training Area (MTA) di DCA yang nantinya akan digunakan oleh Angkatan Bersenjata Singapura, KEMHAN mengharapkan adanya koordinasi yang baik antara kedua pihak, sehingga penggunaan MTA tidak memberikan dampak buruk bagi masyarakat sekitar.

Sejalan dengan semangat kerja sama yang erat antara Indonesia dan Singapura, Kemhan melihat banyak potensi lain yang dapat dibangun guna meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan, seperti kerja sama dalam latihan militer — yang akan memperkuat interaksi dan pemahaman antara kedua angkatan bersenjata; kerja sama dalam mengamankan perairan dan mencegah pelanggaran lintas batas; serta program pertukaran Pendidikan.

“Kami berterima kasih atas dukungan Singapura selama kepemimpinan Indonesia di ASEAN (ADMM) dan ADMM-Plus 2023,” ujar Wamenhan.

“Kami yakin bahwa kerja sama yang erat antara Indonesia dan Singapura di bidang pertahanan akan membawa manfaat positif bagi kedua negara, serta mendorong stabilitas dan keamanan di Kawasan. Kami juga optimis bahwa setelah berlakunya DCA, interaksi kerja sama pertahanan dan militer akan semakin signifikan. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia pertahanan kedua negara” tambah Wamenhan

Turut hadir mendampingi Wamenhan adalah Wakasau, Plt. Sekjen Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Ses Ditjen Strahan Kemhan, dan Karo Humas Setjen Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x