x

Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 Membuka Peluang Karir dan Membangun Kolaborasi Sinergis BUMN

waktu baca 5 menit
Sabtu, 23 Mar 2024 13:33 0 60 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) segera membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama (RBB) BUMN.

Hal ini disampaikan oleh Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN dalam Konferensi Pers “Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024” bersama Alexandra Askandar, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia yang berlangsung di Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3).

Konferensi pers tersebut membahas komitmen Pemerintah melalui BUMN untuk terus membuka lapangan pekerjaan melalui proses seleksi yang lebih baik dan semakin transparan.

Tedi Bharata menyampaikan Kementerian BUMN akan terus menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia sebagai bagian dari proses transformasi BUMN yang berkelanjutan.

“Kami dari Kementerian BUMN dan mitra kami dari FHCI , ingin menginformasikan Program Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024. Sesuai yang disampaikan Pak Menteri (BUMN) beberapa hari lalu pada rapat bersama DPR, bagaimana BUMN secara grup menghasilkan laba Rp292 Triliun untuk tahun 2023 dan dividen kita pada tahun 2023 sebesar Rp81,2 triliun.

Dengan potensi usaha atau bisnis BUMN yang semakin berkembang, kita memerlukan tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung program kerja atau rencana kerja dari BUMN,” ujar Tedi.

Tedi menambahkan, sebagai bentuk kolaborasi antar BUMN, RBB memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan standarisasi rekrutmen yang dilakukan di BUMN Group sehingga BUMN pada akhirnya mendapatkan talenta terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

Perbaikan dan pengembangan dari RBB terus dilakukan, selain tetap mempertahankan Tes core values AKHLAK, terdapat terobosan lain yang dilakukan seperti tes Learning Agility dan Tes Wawasan Kebangsaan untuk memastikan para kandidat dapat memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk Bangsa Indonesia.

“Tujuannya untuk meningkatkan standarisasi melalui Rekrutmen Bersama BUMN, kita melakukan standarisasi dimana semua journey dari talenta atau kandidat karyawan mendapat pengalaman yang sama. Di sini ada beberapa poin dalam assessment yang dilakukan dimana pada tahun ini akan ada tambahan Learning Agility dan Wawasan Kebangsaan karena sesuai arahan Menteri BUMN tes Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang penting agar kita tidak hanya melihat kompetensi saja tetapi juga wawasan kebangsaan, karakter, dan core value AKHLAK,” jelas Tedi.

Tedi menambahkan, RBB merupakan implementasi dari Core Value AKHLAK. “Jadi, amanah dan kompetensi merupakan hal yang penting sekali dalam program Rekrutmen Bersama BUMN ini. Dan Rekrutmen Bersama BUMN adalah bentuk kolaborasi sehingga merupakan implementasi dari core value AKHLAK itu sendiri,” lanjutnya.

Memasuki pelaksanaan RBB yang ke empat kalinya di tahun 2024 ini, program RBB terus memperkuat sumber daya manusia Indonesia terutama pada sektor BUMN. RBB memberikan peluang signifikan bagi pencari kerja dari berbagai latar belakang untuk mengembangkan karier mereka di BUMN Group.

Tedi menjelaskan, beberapa lowongan dibutuhkan untuk BUMN diantaranya bidang pemasaran yang membutuhkan SDM paling besar, disusul dengan bidang operasional, engineering, dan Teknologi Informasi (IT). “Kita juga butuh banyak talenta-talenta di bidang IT dan keuangan.

Selain itu, untuk Legal and Compliance juga dibutuhkan di BUMN,” tambah Tedi. Tedi juga menambahkan proses seleksi RBB 2024 sudah menerapkan sistem gugur di setiap tahapannya.

Penambahan berbagai kanal komunikasi juga dilakukan di RBB 2024. Informasi RBB sangat mudah di akses di halaman website rekrutmen, email, telegram, call center whatsapp bisnis FHCI, serta helpdesk yang nantinya akan membantu calon peserta memahami seluruh proses & tahapan seleksi secara lebih baik.

“Kami sangat transparan, seluruh peserta dapat mengakses informasi tentang tahapan tes, bobot penilaian dan batas lulus secara lengkap dan jelas di website. Sistem gugur otomatis berlaku bagi peserta yang terdeteksi melakukan kecurangan oleh sistem proctoring kita disetiap tahapan tes manapun,” tegasnya.

Alexandra Askandar menyampaikan apresiasi atas amanah yang diberikan oleh Kementerian BUMN kepada FHCI sebagai mitra penyelenggara RBB 2024. “Tahun ini, FHCI dipercaya untuk dapat kembali menyelenggarakan RBB 2024.

Kami berkomitmen untuk terus melakukan penyempurnaan dalam proses rekrutmen yang akan dijalankan secara profesional, transparan serta tetap menjunjung core values AKHLAK untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pelamar dan mendukung kelompok BUMN dalam mendapatkan talenta terbaik bangsa”, ujar Alexandra.

Rekrutmen Bersama BUMN (RBB), telah menjadi salah satu sarana yang diminati para pencari kerja, hal ini tercermin pada jumlah pendaftar yang terus meningkat setiap tahunnya hingga lebih dari 2 Juta Pendaftar.

Antusiasme para pendaftar yang sangat tinggi, menunjukan minat dan aspirasi dari para pelamar, tidak hanya berfokus dalam mencari pekerjaan, melainkan juga menjadikan sebuah kesempatan untuk belajar, tumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia bersama dengan BUMN Group.

“Pada tahun ini Rekrutmen Bersama akan dibuka pada 23 Maret 2024 dengan tahapan Tes yaitu TKD (Tes Kemampuan Dasar), AKHLAK, dan Bahasa Inggris yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi pada masing – masing BUMN.

Selain itu, sebagai penyempurnaan tahun ini dilakukan pula Tes Wawasan Kebangsaan dan Learning Agility. Sebanyak lebih dari 100 BUMN kembali berpartisipasi dengan membuka lapangan pekerjaan sejumlah 688 Lowongan untuk 1.830 Posisi” Ucap Alexandra.

Dalam mendukung inklusivitas dan kesetaraan pada kesempatan kerja, Tahun ini RBB tetap menjaga konsistensi dalam membuka peluang bagi pelamar dengan berbagai latar belakang, seperti pendidikan yang dibuka mulai dari SMA/Sederajat hingga S2, Fresh Graduate dan Experience Hired serta Disabilitas yang akan dilaksanakan melalui mekanisme terpisah dari pelaksanaan rekrutmen reguler dengan environment khusus untuk kenyamanan pelaksanaan tes bagi penyandang disabilitas.

Selanjutnya Alexandra juga berpesan untuk para calon peserta agar dapat mencermati lowongan yang tersedia dengan memanfaatkan waktu yang cukup panjang yaitu 23 Maret 204 sampai dengan 1 April 2024 serta memahami dengan seksama seluruh informasi terkait ketentuan Pelaksanaan RBB 2024 melalui website serta social media Kementerian BUMN & FHCI.

Secara keseluruhan, program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) terus menjadi landasan dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia dan mendukung terciptanya peluang kerja yang adil dan terbuka dengan menjaga integritas, transparansi, dan efisiensi dalam proses rekrutmen.[RED/**].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x