x

Optimalkan Pelayanan Publik Melalui Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151

waktu baca 3 menit
Selasa, 6 Feb 2024 22:28 0 33 Redaksi

DelikAsia.com, (Padang) | Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, telah memberikan dampak kepada masyarakat dalam melakukan komunikasi tanpa batas Sehingga, setiap orang mudah terhubung satu sama lain. Perubahan tersebut juga berdampak pada peralihan model komunikasi publik dari konvensional bertransformasi menjadi pola komunikasi berbasis internet dan teknologi digital.

Dalam rangka mendukung kemajuan teknologi tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut c.q. Bagian Umum dan Perlengkapan menyelenggarakan acara Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151, pada 5-8 Februari 2024 di Padang.

Pada acara tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan sambutan kepada para peserta yang merupakan pegawai yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut. Para pegawai tersebut berasal dari Direktorat dan Bagian di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan jumlah sekitar 40 (empat puluh) orang.

Dalam sambutannya, Lollan menyampaikan bahwa melalui kegiatan Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 pada kali ini, diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan layanan Contact Center 151 di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” ucap Lollan.

Contact Center 151 merupakan salah satu media komunikasi yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan sebagai upaya dalam mengantisipasi perubahan teknologi informasi di era digilatisasi dimaksud, terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, langsung dan efektif. Melalui layanan Contact Center 151 yang terintegrasi dengan aplikasi Omnix masyarakat dapat terhubung langsung untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan pertanyaan melalui media whatsapp messenger, telefon, maupun electronic mail (email) berkaitan dengan pelayanan di bidang transportasi laut.

Lollan menegaskan bahwa pelayanan melalui Contact Center 151 diharapkan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa menjadi media komunikasi langsung dengan masyarakat. Untuk itu, perlu adanya pernyiapan informasi dan pemantauan guna mendukung layanan Contact Center 151. Sehingga, perlu disiapkan petugas yang siaga untuk menjawab pertanyaan yang masuk melalui layanan Contact Center 151.

“Saya minta kepada seluruh peserta yang hadir agar mengikuti pelatihan dengan serius dari awal sampai selesai sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh melalui pelatihan ini dapat dilaksanakan dan diaplikasikan dalam peningkatan layanan Contact Center 151,” tegas Lollan.

Sebagai informasi, bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tercatat menjadi subsektor di Kementerian Perhubungan yang memiliki traffic tertinggi pada Contact Center 151 Kemenhub periode Januari hingga Desember 2023 sebanyak 5.174 tiket atau sebesar 36,86 persen dari total Traffic Contact Center 151. Adapun rinciannya berupa voice sebanyak 3.130 tiket, email 1.419 dan whatsAap sebanyak 625. Untuk informasi dan pengaduan terkait rencana pengoperasian kapal menjadi informasi dan pengaduan tertinggi yang diminta serta diadukan oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bagian Umum dan Perlengkapan memberikan penghargaan kepada Direktorat maupun Bagian yang melakukan pelayanan publik menggunakan aplikasi. Adapun penganugerahan aplikasi dengan pelayanan publik kategori fast response atau respon cepat diberikan kepada Direktorat Perkapalan dan Kepelautan dengan aplikasi SIMKAPEL (Sistem Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan), Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut dengan aplikasi SIMLALA (Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), dan Bagian Organisasi dan Humas dengan aplikasi SEHATI (Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi).

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Wisnu Wardana juga menyampaikan terima kasih kepada Panitia Bagian Umum dan Perlengkapan Ditjen Hubla yang telah menyiapkan kegiatan dengan sangat baik dan penuh rasa kebersamaan. Sehingga, kegiatan dapat diikuti dari seluruh peserta dengan penuh semangat Level UP yang merupakan landasan semangat di Bagian Umum dan Perlengkapan.[SAF/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x