x

Nuansa Ramadan, Kemhan RI Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

waktu baca 2 menit
Kamis, 28 Mar 2024 23:23 0 37 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Keluarga besar Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M di Masjid At Taqwa, Kemhan, Jakarta, Kamis (28/3), yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P.

Dalam sambutan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Sekjen Kemhan disampaikan bahwa peristiwa Nuzulul Quran merupakan sebuah peristiwa bersejarah yang mengingatkan kita akan turunnya wahyu pertama dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi tepat di bulan Ramadhan dan dikenal sebagai “Lailatul Qadar” atau “Malam Kemuliaan”. Momen ini merupakan titik awal dari perjalanan Nabi Muhammad SAW sebagai penyampaian wahyu Allah SWT kepada umat manusia serta menebarkan ajaran-ajaran agama Islam yang mulia.

“Sebagai pegawai Kementerian Pertahanan, kita memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Tanggung jawab ini tidak hanya bersifat fisik, melainkan juga moral dan spiritual. Al-Qur’an hadir sebagai sumber inspirasi dan pedoman yang memandu kita dalam menjalankan tugas ini dengan integritas, keadilan, dan keberanian yang tinggi,” kata Menhan.

“Dengan memandang Al-Qur’an sebagai pilar utama dalam setiap langkah yang kita ambil, kita dapat memastikan bahwa tindakan dan keputusan yang kita ambil senantiasa didasarkan pada nilai-nilai yang luhur dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam ajaran suci tersebut,” Kata sambung Menhan RI.

Pada peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M yang mengambil tema “Kita Jadikan Al-Quran Sebagai Pedoman dan Pegangan Hidup dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara bagi Pegawai Kementerian Pertahanan”, hadir sebagai penceramah Ust. Munawir Ngacir.

Dalam ceramahnya, Ust. Munawir Ngacir menyampaikan ada 4 (empat) golongan orang yang dirindukan oleh surganya Allah SWT, yang pertama orang yang membaca Al-Quran, yang kedua orang menjaga lisannya, yang ketiga memberi makan kepada orang yang lapar, dan yang keempat orang yang berpuasa di Bulan Suci Ramadhan.

Turut Hadir dalam acara peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M, Rektor Unhan RI, Irjen Kemhan RI, DWP Setjen Kemhan, Para Pejabat Eselon I, II, III dan IV Kemhan, serta para Pegawai Kemhan RI. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x