x

Dibangunnya Bandara VVIP IKN, Berkontribusi Pertumbuhan Ekonomi Kaltim

waktu baca 3 menit
Minggu, 25 Feb 2024 21:07 0 39 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Pembangunan bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) beserta fasilitas pendukungnya terus dibangun. Bandara ini tentunya akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kalimantan Timur.

“Bandara VVIP IKN menjadi penting dalam mendukung konektivitas dan pembangunan di wilayah Kalimantan Timur,” kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si dalam melakukan pengecekan progres pembangunan Bandara VVIP IKN Nusantara, Jumat(23/02/2024).

Kapolda Kaltim juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pembangunan bandara ini.

Sebagi informasi, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo SE didampingi Kapolres PPU AKBP Supriyanto S.I.K.,M.Si beserta Forkopimda setempat melakukan pengecekan progres pembangunan Bandara VVIP IKN Nusantara. Jumat (23/02/2024).

Pengecekan progres pembangunan ini dilakukan guna memastikan kelancaran serta kualitas pembangunan infrastruktur yang vital bagi daerah tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman serta Kapolres PPU bersama Forkopimda meninjau berbagai fasilitas yang sedang dibangun, termasuk landasan pacu, terminal, serta fasilitas pendukung lainnya.

Pangdam VI/Mulawarman juga menambahkan bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN akan menjadi salah satu aset strategis yang akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Kalimantan Timur secara keseluruhan.

Pengecekan progres pembangunan Bandara VVIP IKN tersebut diharapkan dapat memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan, sehingga bandara ini dapat segera beroperasi dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kalimantan Timur.

Pemberian Santunan

Sementara itu, secara terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun memastikan, pemberian santunan kepada warga yang tanahnya terdampak proyek pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai pada 26 Februari 2024.

Menurut Makmur Marbun, hal ini harus segera dituntaskan demi memudahkan proses pengerjaan pembangunan Bandara VVIP di lapangan. Pemberian santunan ini merupakan hasil dari pertemuan pada Senin (19/2/2024) saat rapat teknis dalam rangka penyediaan tanah untuk pembangunan Bandara VVIP IKN yang digelar di kantor Gubernur Kaltim.

Pemberian santunan terkait dampak sosial pembangunan bandara merupakan hasil kesepakatan dari sisi udara sebagai kewenangan Kementerian PUPR yang meliputi dokumen tahap satu.

Dokumen tersebut terdiri dari 16 bidang dari Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) yang dikuatkan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltim tentang penetapan masyarakat yang berhak menerima santunan dilakukan pada 22 Februari 2024 dilanjutkan dengan pengumuman kepada masyarakat.

Sementara untuk penilaian tanam tumbuh tahap dua yang terdiri dari 18 bidang akan diselesaikan pada 23 Februari 2024 dan diserahkan kepada sekretariat tim terpadu PDSK bandara VVIP IKN. Penetapan SK Gubernur Kaltim tentang penetapan masyarakat yang berhak menerima santunan dari penilaian tanam tumbuh akan dilaksanakan pada 27 Februari 2024.

Kemudian pada tahap tiga yang terdiri dari 14 bidang ditambah dengan bidang perimeter yang telah diidentifikasi, pada 4 Maret 2024 akan dilaksanakan penilaian oleh KJPP dan diserahkan kepada sekretariat tim terpadu PDSK Bandara VVIP IKN. Penetapan SK Gubernur Kaltim tentang penetapan masyarakat yang berhak menerima santunan dilakukan pada 7 Maret 2024.

Kemudian pemberian santunan kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2024 mendatang. Sementara itu untuk sisi darat yang merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan disebutkan bahwa dokumen penilaian tahap satu dari KJPP terkait pemberian santunan kepada masyarakat akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2024.

“Selama penyelesaian penanganan dampak sosial kemasyarakatan berlangsung, pembangunan bandara VVIP IKN diharapkan tetap berjalan,” kata Makmur.[RED/IP].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x