x

Kemenparekraf Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Poltekpar Makassar dalam Kelola Media Sosial dan Website

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Apr 2024 19:16 0 20 Redaksi

DelikAsia.com, (Makassar) | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memberikan pelatihan pengelolaan media sosial dan website kepada ratusan mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar dalam acara Birkom Day di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar, Rabu (24/4/2024).

Sebanyak 200 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) dibekali pengetahuan mengenai strategi dan alur kerja pengelolaan media digital di lingkungan Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, menyampaikan kegiatan Birkom Day merupakan wadah pembelajaran bagi para akademisi agar mendapatkan gambaran besar terkait pemanfaatan media digital untuk penguatan komunikasi sektor pariwisata Indonesia.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para pemangku kepentingan pariwisata, termasuk akademisi dalam hal ini segenap civitas akademika Politeknik Pariwisata Makassar,” kata Dewi.

Para mahasiswa diberikan pemahaman terkait strategi mengelola konten, pentingnya riset tren isu, pemanfaatan kata kunci dalam SEO, dan juga dibekali pengetahuan data monitoring media sosial sebagai bahan evaluasi.

Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengisi karya mereka dalam bentuk konten di website Ragam Poltekpar yang bisa menjadi sarana promosi bagi kampus.

Ragam Poltekpar merupakan salah satu menu di website Kemenparekraf.go.id berisi informasi seputar Politeknik Pariwisata yang berada di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf dan merupakan kolaborasi Biro Komunikasi, Pusat Data dan Sistem Informasi, serta enam Politeknik Pariwisata.

“Website Kemenparekraf pun saat ini sudah dapat diisi kontennya oleh masyarakat khususnya warga Poltekpar karena sudah disiapkan menu Ragam Poltekpar. Menu ini diharapkan dapat memicu kreativitas warga Poltekpar serta dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat umum untuk kuliah di Poltekpar aja,” kata Dewi.

Menyadari pentingnya media sosial dan website di era digital, Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja menyambut baik pelaksanaan Birkom Day di lingkungan kampus Poltekpar Makassar. Menurutnya, media sosial saat ini menjadi sarana promosi yang sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa.

“Acara Birkom Day semoga menjadi pembelajaran untuk kita di Poltekpar Makassar dari mahasiswa sampai humas poltekpar, agar dapat belajar lebih baik lagi mempromosikan dan berkonten di media sosial,” kata Herry.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kemenparekraf/Baparekraf untuk memperkuat transformasi digital di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dimulai dari mahasiswa yang nantinya akan menjadi SDM unggul pariwisata.[DR/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x