x

Penutup Tahun Anggaran 2023, Kumham Jabar Raih Prestasi Dalam Pemajuan HAM 5 Kali Lipat Dari Tahun Sebelumnya

waktu baca 3 menit
Senin, 1 Jan 2024 23:50 0 32 Redaksi

DelikAsia.com, (Bandung) |  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) mencatat sejumlah torehan prestasi di tahun 2023. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya dalam Acara Refleksi akhir tahun hari Kamis tanggal 28 Desember 2023, menyampaikan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Penetapan Kab / Kota Peduli HAM pada Tahun 2022, bahwa pada tahun 2023 ini penilaian Kab/Kota Peduli HAM (KKPHAM) terdapat peningkatan sebesar 5 kali lipat (480%) dari tahun sebelumnya.

Tahun 2022 dari 27 Kab / Kota di Provinsi Jawa Barat hanya terdapat 5 Kab / Kota yang mendapatkan Penghargaan KKPHAM, sedangkan pada tahun 2023 dari 27 Kab / Kota terdapat 24 Kab / Kota yang mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Kota Peduli HAM. sedangkan sisanya 3 kab / kota, sebanyak 2 Kab / Kota mendapatkan penghargaan Cukup Peduli HAM dan 1 Kabupaten mendapatkan penghargaan Mulai Peduli HAM. Peraihan di tahun 2023 ini tentu harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi dan semoga pada tahun 2024 perolehan Kab/Kota Peduli HAM menjadi 100% atau 27 Kab / Kota.

Hal yang sangat membanggakan lainnya adalah Kanwil Kemenkumham Jawa Barat juga mendorong dan mewujudkan Kota Tasikmalaya mendapatkan Penghargaan Kota Peduli HAM Peringkat 5 (lima) besar terbaik se-Indonesia dengan kategori Kabupaten/Kota terbaik.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat secara rutin melakukan Monitoring dan Evaluasi Aksi HAM dan KKPHAM ke Kab Kota dalam upaya meningkatkan kualitas Pelaporan Aksi HAM untuk menuju Ke Kabupaten Kota Peduli HAM dan perlu lebih ditingkatkan kembali di tahun 2024.

Pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis Ham yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Jawa Barat telah dilakukan upaya yang signifikan sehingga Pelayanan Publik Berbasis HAM khususnya di UPT meningkat demi tercapainya upaya Pelayanan yang Humanis bagi Masyarakat.

Begitupun Pelayanan Komunikasi Masyarakat dalam Tindak Lanjut Dugaan Penanganan Pelanggaran / Permasalahan HAM sudah makin optimal dengan terbuktinya sudah menyelesaikan beberapa Pengaduan Dugaan Pelanggaran / Permasalahan HAM yang dilaporkan oleh masyarakat. Demi tercapainya Penegakan HAM di Jawa Barat khususnya, pada tahun 2023 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat turut membuat langkah inovatif dengan memberikan pelayanan Yankomas Online sehingga masyarakat dimanapun berada tetap mendapatkan kemudahan dalam akses layanan terkait pelanggaran hak asasi manusia.

Selain itu, khususnya pengukuran produk hukum daerah yang berkualitas melalui Peraturan Daerah Yang Bermuatan HAM, mendorong supaya setiap Rencana Peraturan daerah hendaknya menghormati Hak Asasi Manusia dan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat mendorong seluruh Kab/kota di Jawa Barat.

Dengan pencapaian-pencapaian positif ini, Kanwil Kemenkumham Jawa Barat membangun fondasi yang kuat melalui sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, agar masyarakat merasakan perlindungan terhadap hak-haknya.

Prestasi yang membanggakan selama tahun 2023 ini diharapkan dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan kembali oleh kab/kota di jawa barat, sebab Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat telah mencanangkan pada tahun 2024 sebagai Tahun Prestasi.

Semangat Pemajuan HAM yang berkelanjutan diharapkan akan terus memberikan kontribusi besar pada kemajuan penegakan Hukum dan HAM di Indonesia dan di Jawa Barat khususnya.[Di2n Bk/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x