x

Halalbihalal Kementerian ATR/BPN, Menteri AHY Sampaikan Kontemplasi dan Refleksi Idulfitri

waktu baca 3 menit
Selasa, 16 Apr 2024 15:42 0 33 Redaksi

DelikAsia.Jakarta) | Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan Halalbihalal 1 Syawal 1445 Hijriah, bertempat di Lobi dan Lapangan Upacara Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Selasa (16/04/2024). Dalam momen ini, Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kontemplasi dan refleksi Idulfitri kepada seluruh jajarannya.

“Tentu kita ingin sama-sama menyambut dengan suka cita acara halalbihalal ini. Ini merupakan sebuah tradisi yang baik yang mudah-mudahan terus bisa kita jalankan dari tahun ke tahun. Sekali lagi, atas nama pribadi, keluarga, dan pimpinan, saya mengucapkan selamat Idulfitri 1445 Hijriah, minal aidin wal faidzin, terutama jika dalam 1,5 bulan ini ada kesalahan kata, perilaku yang saya lakukan, baik disengaja maupun tidak,” ujar Menteri AHY mengawali sambutan.

Setelah melewati Ramadan, Menteri AHY menyampaikan perlu berkontemplasi agar segala amal ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Menurutnya, yang terpenting dari kontemplasi ini adalah mengawali hari-hari ke depan dengan semangat luar biasa dalam menuntaskan berbagai program dan rencana aksi yang sudah ditetapkan dan dijalankan.

Menteri AHY pun menitipkan pesan untuk seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN. Kepada jajaran pimpinan, ia menuturkan agar bisa menjalankan _leadership_ dan manajemen yang efektif. Ia berharap para pimpinan bisa memimpin dan memanajemeni dengan baik, menggunakan hati dan pikiran, serta menyentuh para pegawai secara profesional dan humanis.

“Tantangan terbesar kepemimpinan adalah bagaimana kita bisa menjadi pimpinan yang tegas, kokoh pada nilai dan prinsip tapi juga punya fleksibilitas untuk bisa membaca situasi, bisa adaptif serta responsif, dan tidak boleh kaku hanya hitam dan putih. Dalam menjalankan tugas kita perlu kebijaksanaan karena itulah hakikatnya kehidupan kita,” lanjut Menteri AHY.

Menteri ATR/Kepala BPN juga berpesan agar jajaran pimpinan bisa tetap menjaga integritas serta meningkatkan kapasitas diri. “Saya rasa kalau Bapak/Ibu, kita semua, selalu menjaga integritas dan terus meningkatkan kapasitas diri kita insyaallah bisa bukan hanya mencapai tugas tapi juga membawa seluruh keluarga besar ATR/BPN ini lebih baik lagi, termasuk kesejahteraannya,” ucapnya.

Kepada jajaran lainnya, terutama pegawai generasi muda, Menteri AHY berpesan agar tetap bekerja dengan sungguh-sungguh demi membuahkan hasil kerja yang berkualitas.

Dalam hal ini, ia mengingatkan agar jajarannya mengedepankan ketelitian dalam bekerja. “Biasakan perhatikan yang detail, dari hal yang kecil kita bisa melatih diri kita untuk mempersiapkan hal yang besar, disiplin, teliti itu kuncinya. Pelajarannya adalah jangan abaikan hal-hal kesalahan-kesalahan kecil, administrasi, maupun substansi, ini berlaku untuk birokrasi maupun produk legislasi,” lanjutnya.

Terakhir, ia menekankan kepada seluruh jajaran agar memegang teguh nilai-nilai Kementerian ATR/BPN, yakni Melayani, Profesional,

Terpercaya. “Jadi para pegawai kita semua harus menjunjung tinggi etika sekaligus kinerja. Mudah-mudahan sesuai dengan moto kita, bukan hanya jargon tapi menjadi _core values_ kita. Melayani harus responsif menggunakan hati dan pikiran, profesional artinya kita bekerja sesuai dengan aturan dan tugas pokok fungsi masing-masing, dan terakhir adalah setelah kita melayani secara profesional, masyarakat akan lebih percaya akan lebih yakin dengan kerja Kementerian ATR/BPN,” kata Menteri AHY.

“Jadi itulah yang saya titipkan sebagai bagian dari kontemplasi dan refleksi di acara halalbibalal ini, mudah-mudahan bisa diterima dan dijalankan dengan baik,” pungkas Menteri ATR/Kepala BPN.

Usai disampaikan sambutan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, dengan didampingi Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Menteri AHY lanjut bersalam-salaman yang diawali dengan Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN beserta pasangan, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya beserta pasangan, Penasihat Utama, Staf Khusus, Staf Ahli, Kepala Badan Bank Tanah beserta jajaran, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan jajaran Pengurus Pusat IKAWATI Kementerian ATR/BPN.[LS/PHAL]

 

 

Pewarta: S4F

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x