x

Wamen M Herindra Wakili Menhan RI Hadiri ADMM Retreat 2024

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Mar 2024 22:09 0 88 Redaksi

DelikAsia.com, (Luang Prabang-Laos) |  Wakil Menteri Pertahanan RI mewakili Menhan RI menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat 2024, di Luang Prabang, Laos, Selasa (5/3).

“Dengan tema “Exchange of Views on ADMM’s post-2025 Strategy”, pertemuan ADMM Retreat tahun ini menjadi kesempatan yang sangat penting bagi para Menteri Pertahanan se-ASEAN untuk bertukar pandangan mengenai masa depan ADMM pasca 2025 untuk siap menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di kawasan” kata Menhan Laos, General Chansamone Chanyalath selaku Ketua ADMM 2024.

Tiga isu utama yang disorot dalam agenda pertemuan ADMM Retreat kali ini yakni terkait sejumlah isu faktual yang dihadapi ADMM diantaranya ide perluasan keanggotaan ADMM-Plus, dampak rivalitas major power terhadap keutuhan ASEAN, serta pengembangan kerja sama di bawah kerangka ADMM dan ADMM-Plus ke depan, termasuk kemungkinan ADMM membangun kerjasama dengan kelompok minilateralisme di kawasan.

Pada kesempatan tersebut, Wamenhan menekankan bahwa pembangunan ADMM pasca 2025 harus berorientasi ke depan (forward-looking), komprehensif dan visioner, namun dengan tetap menjunjung tinggi prinsip keutuhan dan sentralitas ASEAN.

Secara khusus, Wamenhan menaruh perhatian agar perluasan keanggotaan ADMM-Plus harus melalui pertimbangan yang komprehensif dan penuh kehati-hatian, dilihat dari aspek manfaat yang dapat diperoleh ASEAN, dinamika geopolitik di kawasan serta pertimbangan waktu yang tepat.

Di sela-sela pertemuan ADMM Retreat, Wamenhan berkesempatan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menhan Laos, General Chansamone Chanyalath untuk membahas peningkatan kerjasama bilateral di bidang pertahanan dan pendidikan, serta dukungan atas keketuaan Laos di ADMM 2024.

Wamenhan RI juga berkesempatan menerima undangan pertemuan bilateral dengan Panglima Angkatan Bersenjata Vietnam, Senior Lieutenant General Nguyen Tan Cuong untuk membahas peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan, pendidikan dan latihan.

Baca Juga: Menteri Prabowo: Kerja Sama Seluruh Kalangan Penting untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia,,

Pertemuan ADMM Retreat kali ini dihadiri seluruh Menteri Pertahanan se-ASEAN atau yang mewakili, Timor Leste sebagai observer dan Deputy Secretary General of ASEAN. Adapun delegasi Myanmar dipimpin oleh ADSOM Leader Myanmar yang merupakan non-political representative Myanmar.[SAF/RED].

 


						    	

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x