x

Di Acara Rakerwas, BPKP dan Itwasum Polri Kolaborasi Tingkatkan Pengawasan Polri

waktu baca 2 menit
Jumat, 3 Mei 2024 20:53 0 22 Redaksi

DelikAsia.com, (Bandung) |  Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Polhukam PMK) Iwan Taufiq Purwanto, mewakili Kepala BPKP menegaskan pentingnya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Inspektorat Pengawasan Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Itwasum Polri) agar dapat memenuhi ekspektasi stakeholder serta lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan strategis yang semakin dinamis dan menantang.

Dalam acara Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Itwasum Polri Tahun 2024, Iwan Taufiq juga menyampaikan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan oleh Itwasum Polri dalam penguatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Polri.

“Strategi peningkatan Level 4 Maturitas SPIP dilakukan pada lima area, yaitu perencanaan strategis dan kinerja, struktur dan proses, pencapaian tujuan, MRI (Manajemen Risiko Indeks) dan IEPK (Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi),” ujar Iwan Taufiq.

Lebih lanjut, Iwan menyampaikan lesson learned dari BPKP dalam mencapai Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP Terintegrasi level 4 agar dapat menjadi contoh gambaran nyata tindakan perubahan dalam menuju perbaikan.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi BPKP atas Hasil Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2023 dan Laporan Hasil Evaluasi BPKP atas Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP pada Inspektorat Pengawasan Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2023 kepada Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri Irjen. Pol. Yan Sultra.

Rapat kerja yang mengusung tema “Penguatan Fungsi Pengawasan Polri yang Berbasis Digital dalam Rangka Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan” ini berlangsung pada tanggal 1–3 Mei 2024 bertempat di Hotel Pullman, Bandung. Rapat ini terselenggara sebagai bentuk kolaborasi dan pembinaan BPKP terhadap peningkatan Kapabilitas APIP Polri.

Hadir pada rapat tersebut para pejabat di lingkungan Itwasum Polri, Auditor Utama Itwasum Polri, Analis Kebijakan (Anjak) Utama Itwasum Polri, dan para Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x