x

Bikin Bangga! Perwira Polri Terima Medali Perdamaian dari PBB

waktu baca 2 menit
Senin, 10 Jun 2024 19:32 0 15 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  1 Perwira Polri berhasil menerima penghargaan “Commemorative Medal of Peace” di markas United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss. Medali Perdamaian itu diberikan usai mengikuti kegiatan “Blue Helmets Day 2024” yang diselenggarakan pada Selasa (28/5/2024) hingga Selasa (4/6/2024).

Perwira Polri itu bernama Kombes Pol Aswin Azhar Siregar. Ia tak sendirian menerima penghargaan itu.

Lima perwira TNI juga meraih penghargaan, yakni Ketua Delegasi Brigjen Edwin Adrian Sumantha dengan anggota delegasi lainnya, yakni Kolonel Laut (P) Ario Sasongko, Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi, Kolonel (Mar) Arief Rahman Hakim, dan Kolonel (Adm) Tri Ambar Nugroho.

Kombes Aswin kini bertugas sebagai juru bicara Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Ia adalah Alumnus Akpol Angkatan 1993.

Selama kariernya, Polisi bertanda pangkat melati tiga ini juga pernah bertugas di PBB bulan Mei 2001 hingga Mei 2002.

Para perwira menerima penghargaan tersebut karena, pertama, telah menyelesaikan sesi akademik dengan hasil memuaskan di Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang merupakan afiliasi dari UN-ECOSOC (Economy and Social Council) dan UNA-USA (United Nations Association of the United States of America).

Kedua, para perwira berperan secara aktif dan bekerja sama secara berkelanjutan dengan badan-badan PBB lainnya, seperti UN-ECOSOC, UNESCO, dan UNA-USA.

Kegiatan yang dilaksanakan utamanya adalah melakukan berbagai misi perdamaian, kegiatan kemanusiaan, dan andil dalam dunia pendidikan.

Sebagai informasi, ‘Blue Helmets Day’ diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh organisasi Soldiers of Peace International Association (SPIA) yang bermarkas di Lyon, Perancis. SPIA merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah (NGO) yang mendapat kepercayaan dari PBB untuk mengadakan kegiatan tersebut.[RED/**]

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x