x

Antisipasi Kepadatan Mudik Lebaran 2024, Korlantas Siapkan Pos Pantauan di Titik Krusial

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Mar 2024 00:24 0 65 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan ada beberapa penambahan titik krusial yang nantinya akan didirikan pos pantau di tol Trans Jawa.

“Ada beberapa penambahan titik-titik krusial harus kita perhatikan terutama di Tol Trans Jawa ini dalam pemberlakuan tol fungsional Cimanggis-Bitung yang dari Bogor ini tidak perlu lagi ke Cawang lagi sehingga akan ketemu di titik KM 25 Cikampek,” kata Kakorlantas di Lantai II Gedung Korlantas Polri, Jumat (22/3).

“Ini akan menjadi titik temu akan terjadi bottle neck di sana makanya nanti kita siapkan pos di sana, pos aju untuk memantau titik krusial tadi,” tambahnya.

Menurut Aan, Tol Cisumdawu tahun ini akan dioperasionalkan mengingat animo masyarakat yang tinggi dalam perjalanan mudik lebaran kali ini. Ia juga menyebut bahwa akan terjadi pertemuan antara Tol Cisumdawu dan Cipali sehingga perlu didirikan pos pantau untuk melakukan pengelolaan di area tersebut.

“Di Jawa Tengah ini juga ada penambahan Tol Fungsional Yogya-Solo, nanti ada pertemuan dari exit tol di Klaten dengan jalan atau jalur jalan kabupaten di situ ini juga perlu kita kelola,” ungkap dia.

Selain itu, kata Aan, terdapat penambahan pelabuhan di Jangkar yang diperuntukkan bagi angkutan barang. Penambahan ini diharapkan dapat mengurangi volume arus lalu lintas dari Pelabuhan Ketapang menuju ke NTB.

“Ada penambahan pelabuhan di Jangkar, jadi untuk angkutan barang yang akan menuju ke NTB itu tidak perlu melalui Ketapang lagi langsung ke Jangkar, sehingga ini akan mengurangi volume arus lalu lintas yang menuju ke Ketapang,” ujarnya.

Terakhir, Irjen Aan mengimbau bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik-balik lebaran tahun ini agar menyesuaikan jadwal keberangkatan agar tidak menumpuk dengan tanggal puncak arus mudik.

“Yang pertama dipersiapkan perjalanan untuk mudik ini masih lama ini kita bisa menjadwalkan kapan saya harus mudik sesuaikan dengan tanggal tentu Puncak arus ada di Tanggal 6 dan tanggal 8 (April),” tutur Aan.

Kakorlantas Polri juga meminta para pemudik untuk memastikan kondisi fisik dan juga kendaraan dalam keadaan bugar agar perjalanan Mudik menjadi aman dan nyaman.

“Kemudian yang utama kesehatan, pastikan kesehatan dalam keadaan prima. Kalau tidak sehat, jangan mengemudi. Kemudian persiapkan kendaraan yang prima juga,” pungkasnya.[RED/**]

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x