x

Toreh Sejarah: Hasil Musdalub, Sofyan Siahaan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua DPD PJS Sumut

waktu baca 3 menit
Kamis, 8 Feb 2024 01:58 0 33 Redaksi

DelikAsia.com, (Medan) | Setelah mengambilalih kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Sumatera Utara akibat munculnya persoalan internal di tubuh organisasi, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJS akhirnya  menggelar Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub), Rabu (7/2/2024).

Acara yang digelar di hotel Aston Medan dipimpin langsung oleh Ketua Umum PJS, Mahmud Marhaba.

Musdalub digelar untuk memilih Ketua DPD PJS definitif periode 2024-2029.

Musdalub DPD PJS Sumut dihadiri 10 DPC dari 12 DPC yang mengantongi SK resmi.

Tampak hadir Kabid IKP Kominfo Sumut, Harvina Zuhra, Kepala RRI Medan, Azhari Bahariawan Thalib dan Ketua JMSI Kota Medan, Lilik Riadi.

“Sesuai peraturan organisasi, maka Musdalub yang kita laksanakan hari ini dinyatakan quorum dan sah. Untuk itu, agenda untuk memilih siapa yang menjadi ketua bisa kita laksanakan. Silakan kepada utusan DPC untuk menunjuk calon ketua DPD kedepan. Jika ada dua atau lebih nama yang muncul, maka kita lakukan pemilihan,” ucap Mahmud memberi arahan.

Dalam Musdalub tersebut, nama Sofyan Siahaan dan Erwin Sinulingga diusulkan oleh pengurus DPC yang memiliki hak suara. Tapi, sebelum penyampaian visi dan misi calon ketua, Erwin menyatakan mundur dan tak bersedia menjadi Ketua DPD PJS Sumut.

Sementara di lain pihak, Sofyan menyatakan siap untuk memimpin PJS Sumut dan akan berupaya mengembangkan sayap organisasi ini ke seluruh pelosok daerah di Provinsi Sumatera Utara.

“Karena tinggal satu calon yang ada, maka dengan ini kami tetapkan saudara Sofyan Siahaan sebagai Ketua DPD PJS Sumatera Utara periode 2024-2029,” ucap Mahmud mengetuk palu tanda keputusan itu sah.

Satu Suara Besarkan PJS

Usai penetapan Sofyan sebagai ketua PJS Sumut, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengurus DPD dan DPC se-Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PJS Sumut, Sofyan Siahaan berharap kepada seluruh pengurus, baik yang ada di DPD maupun DPC untuk bersama-sama berjuang membesarkan PJS.

“Sesuai dengan visi yang diusung PJS, terwujudnya jurnalis yang berintegritas, kompeten dan profesional, maka mari kita sama-sama menjalankan roda organisasi ini dengan baik. Dengan demikian, upaya kita menjadikan PJS sebagai konstituen dewan pers akan terwujudkan,” ungkap Sofyan.

Sementara, Kadiskominfo Sumatera Utara DR. Ilyas Sitorus yang diwakili Kabid IKP Kominfo Harvina Zuhra menyambut baik hadirnya PJS sebagai salah satu wadah wartawan di Sumatera Utara.

“Apalagi misi dan visi yang diusung PJS sangat mulia, menjadikan wartawan yang berintegritas, kompeten, dan profesional. Semoga kehadiran PJS disini bisa mewarnai dunia kewartawanan menjadi lebih indah dan menarik,” ujar Harvina.

Dia juga berharap PJS bisa membangun industri media menjadi maju. Insan pers yang tergabung di PJS diharap mampu menyajikan pemberitaan yang berimbang.

“Wartawan itu suluh negeri. Karenanya mari kita bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif di negeri ini. Sajikan berita yang berimbang (cover bold side) untuk disampaikan kepada publik. Peran wartawan sangat besar dalam membangun negeri ini,” pungkasnya.

Tertib Administrasi dan Kompeten

Sementara, Ketum PJS Mahmud Marhaba dalam sambutannya menyampaikan, dilaksanakannya Musdalub ini setelah melewati mekanisme organisasi.

PJS memiliki visi terwujudnya jurnalis yang berintegritas, kompeten, dan profesional. Untuk itu, seluruh anggota PJS wajib hujumnya ikut uji kompetensi wartawan.

“UKW harga mati. Agar tidak dicap sebagai wartawan Bodrex, wartawan abal-abal, dan julukan diskriminasi dikalangan wartawan, maka kita harus meng-upgrade diri dengan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW). Dengan UKW ini kita bisa menyandang prediket sebagai wartawan yang kompeten,” tegasnya.

Dikesempatan itu Mahmud juga meminta kepada seluruh pengurus DPD dan DPC untuk bergerak cepat, terutama dalam hal tertib administrasi.

“Ini menjadi modal kita untuk mendaftarkan PJS sebagai konstituen dewan pers. Oleh karena itu, lengkapi semua administrasi di kepengurusan. Jangan ada data yang dimanipulasi,” ucap Mahmud sembari mengatakan sangat mengapresiasi semangat para pengurus di DPD dan DPC di Sumatera Utara untuk mengibarkan bendera PJS.[DI2N BK/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x