x

Peringati Hari Nelayan Internasional, HNSI Kabupaten Serang Targetkan Kesejahteraan Nelayan

waktu baca 3 menit
Minggu, 30 Jun 2024 13:05 0 25 Redaksi

DelikAsia.com, (Setang) |  Dalam rangka Hari Nelayan Internasional yang diperingati setiap 29 Juni adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan nelayan di seluruh dunia. Himpunan Seluruh Nelayan Indonesia (HSNI) DPC Kabupaten Serang sebagai organisasi yang peduli dengan kesejahteraan nelayan, seringkali memanfaatkan kesempatan ini untuk mengadvokasi hak-hak nelayan, memperjuangkan kebijakan yang mendukung keberlanjutan laut, dan meningkatkan kondisi kerja serta kehidupan nelayan. Minggu (29/06/2024).

DPC HSNI Kabupaten Serang mengadakan kegiatan ” HSNI PEDULI KESEJAHTERAAN NELAYAN” di Hari Nelayan Internasional pada Sabtu 29 Juni Di kampung Kepuh Desa Margagiri kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang. Dan kegiatan tersebut dihadiri sejumlah stekolder Pemerintah Provinsi Banten, Pj Gubernur Banten, Bupati Kabupaten Serang, Ksop Kelas’ 1 Banten, Polairud Banten, Garnisun Subkogar 0623 Cilegon, Camat Bojonegara, Kepala Desa Karang Kepuh , Ketua DPRD Provinsi Banten dan tokoh masyarakat Bojonegara serta Nelayan Kampung Karang Kepuh

Perayaan ini bukan Hanya menghormati profesi penting ini, tetapi juga tentang mengakui kontribusi tak ternilai yang nelayan berikan kepada masyarakat global Serta keberlanjutan di lingkungan laut.

Menurut Ketua DPC HNSI Kabupaten Serang H.Sabihis.SE , momen Hari Nelayan Internasional yang bertepatan setiap tanggal 29 Juni 2024, maka para kelompok nelayan yang berada dilingkungan kampung Kepuh Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara ikut langsung merayakan kegiatan Hari Nelayan Dunia/Internasional.

” Kami ikut Merayakan kegiatan hari nelayan internasional yang mana “kami Jangan ada lagi diskriminasi terhadap nelayan” kepada stakeholder, perusahaan jangan lagi mengkotak – kotakan bahwa selama ini ada nelayan kami yang notabene nya dekat dengan laut mahal tidak di anggap sebagai nelayan seakan-akan dianggap menumpang”

Lanjut Sabihis, dirinya berharap untuk pejabat Stakeholder kiranya dapat tanggap untuk memberikan Legitimasi penuh kepada HNSI Kabupaten Serang khususnya.

“Kami berharap para pihak berkopeten dan stakeholder lainnya yang keberadaan di daerah patut memberikan Legitimasi penuh kepada HNSI agar membina nelayan dan mengakomodir kebutuhan kebutuhan nelayan, tukas Ketua HNSI Kabupaten Serang pada awak media.

Sementara Pj Gubernur Banten Al Muktabar, peranan jasa dari para nelayan sangat membuahkan hasil bagi kebutuhan masyarakat, karena kiprah kalangan nelayan mampu  menemukan berbagai jenis ikan yang menghidupkan perekonomian pasar-pasar maupun tempat pelelangan ikan. Dengan demikian, perjuangan nelayan ini sangatlah besar, sebab dari merekalah bisa masyarakat terpenuhi kebutuhan makanan bergizi yang ber-protein tinggi untuk kecerdasan otak.

“Kita tidak akan menemukan hidangan ikan di atas meja makan tanpa jasa mereka. Oleh karenanya, saya anggap mereka sebagai bagian dari pahlawan pembangunan,” ujarnya.

Atas segala jasa yang telah mereka berikan itu, lanjut Al Muktabar, pemerintah tentu hadir di tengah-tengah mereka untuk menyerap aspirasi dan memberikan pelayanan dengan baik.

“Supaya aspirasi itu terdokumentasikan dengan baik, sampaikan pada saat Musrenbang segala aspirasinya. Karena melalui Musrenbang itu, pemerintah ingin menyerap segala bentuk aspirasi dari masyarakat,” ucap nya.

Andra Soni Selaku Ketua DPRD Provinsi Banten mengatakan Tadi saya melihat langsung dalam kegiatan Hari Nelayan internasional yang luar biasa.

” Saya melihat langsung kegitan ini yang sangat luar biasa, ini bukan hanya sekedar seremoni tapi penghargaan bagi mereka karena asesnsi nelayan kita wujudkan bersama. Pemerintah itu tugas nya melayani dan juga pemerintah di berikan kewenangan untuk mengatur, itu harus di manfaatkan sebaik-baik nya agar nelayan tetap sejahtera ” tutup nya.[Red/Di2N Bk]

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x