x

Pastikan Target PTSL Tercapai, Kementerian ATR/BPN Beri Pembinaan ke Satker Kanwil BPN Provinsi Aceh

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Mei 2024 20:13 0 21 Redaksi

DelikAsia.com, (Banda Aceh) |  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan pembinaan, monitoring, dan evaluasi kinerja pelaksanaan program atau kegiatan pertanahan dan penataan ruang di seluruh satuan kerja (Satker) daerah. Kali ini, pembinaan dilakukan kepada seluruh Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli Bidang Teknologi Informasi, Jonahar yang juga selaku Koordinator Pembina mendukung Provinsi Aceh agar dapat menyelesaikan target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada Oktober 2024. Ia juga mendorong agar Kantah Kota Banda Aceh, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, dan Kota Sabang segera menjadi Kota Lengkap di tahun ini.

“Aceh harus ranking satu nasional. Saya tunggu laporannya tiap minggu, saya tunggu empat kota tadi menjalankan layanan elektronik dan menjadi Kota Lengkap,” ujar Jonahar dalam kegiatan Pembinaan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi yang berlangsung di Aula Kanwil BPN Provinsi Aceh, Banda Aceh pada Senin (13/05/2024).

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati menerangkan bahwa target PTSL nasional pada tahun 2024 ialah 120 juta bidang tanah terpetakan. Ia meyakini, target tersebut dapat sejalan dengan komitmen yang dibuat seluruh Satker di Provinsi Aceh.

“Kalau kita lihat di Aceh target bidang tanahnya itu baru mencapai 74 persen, berarti masih ada 25 persen atau 747.000 bidang tanah yang menjadi target tahun 2025. Saya percaya dengan semangat Pak Kanwil dan komitmen seluruh jajaran, semua dapat dicapai. Kita akan monitor laporan untuk dilihat progres per bulan,” tutur Yulia Jaya Nirmawati.

Dalam hal ini, Kepala Kanwil BPN Provinsi Aceh, Mazwar pun memotivasi jajarannya untuk menyelesaikan pendaftaran tanah sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. “BPN Aceh ini slogannya Tuntas, Berkualitas, Cepat, dan Teratas. Kami di Aceh ini ingin cepat dan teratas, saya yakin semua bisa kita capai. Saya mengharapkan kita berkomitmen semua di hadapan Pembina bahwa kita akan melaksanakan tugas-tugas kita,” tegasnya.

Adapun kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh anggota pembina, antara lain Direktur Pengendalian Hak Tanah, Alih Fungsi Lahan, Kepulauan dan Wilayah Tertentu, Andi Renald dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Deni Ahmad Hidayat. Pembinaan ini diikuti oleh jajaran Kanwil serta seluruh Kepala Kantah se-Provinsi Aceh. (YS/YZ)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x