x

Menteri AHY Silaturahmi ke UNAIR dan Serahkan Sertipikat Tanah Wakaf di Surabaya

waktu baca 2 menit
Jumat, 15 Mar 2024 22:13 0 31 Redaksi

DelikAsia.com, (Surabaya) | Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat (15/03/2024).

Mengawali kunjungan kerjanya kali ini, ia bersilaturahmi serta berbuka puasa bersama pimpinan dan para dosen Universitas Airlangga (Unair).

Sebagaimana diketahui, Menteri AHY tercatat sebagai mahasiswa Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unair. Ia telah mengikuti perkuliahan tersebut sejak tahun 2021 lalu.

Pada tahun 2023, Menteri AHY menjalani ujian proposal disertasi berjudul “Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″ dan tengah menyusun disertasi tersebut hingga saat ini.

Pada malam hari, Menteri AHY menyerahkan 11 sertipikat tanah wakaf kepada para nazir dan perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya yang berlangsung di Masjid Nashrulloh, Kecamatan Sukokilo. Sertipikat yang diserahkan di antaranya dengan peruntukan masjid, mushola, yayasan, sekolah dan rumah sakit islam.

Sejak tahun 2017 hingga 2023, Kementerian ATR/BPN telah melakukan sertipikasi terhadap tanah wakaf dan rumah-rumah ibadah sebanyak 243.000 bidang tanah dari total 460.000 bidang tanah. Dalam kurun waktu selama 7 tahun, jumlah tanah yang tersertipikasi terus meningkat dengan rata-rata tanah wakaf yang didaftarkan pertahunnya sebanyak kurang lebih 20.500 bidang. Terkait hal ini, Provinsi Jawa Timur menempati capaian tertinggi dengan total 10.200 bidang tanah wakaf yang telah tersertipikasi.

Komitmen untuk menyertipikatkan tanah wakaf merupakan implementasi dari Gerakan Sertipikasi Rumah Ibadah dan Pesantren yang dicanangkan Kementerian ATR/BPN pada tahun 2022.

Gerakan ini bertujuan agar seluruh umat beragama dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. Untuk itu, para pemilik tanah wakaf dan pengurus rumah ibadah diharapkan segera melaporkan tanahnya ke Kantor Pertanahan setempat.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerja ini, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Lampri dan Plt Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar beserta jajaran Kepala Kantor Pertanahan.[RED/RiS].

 

 

Pewarta: SFR

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x