x

Menhub Melepas Keberangkatan Mudik Gratis Kapal Laut

waktu baca 2 menit
Minggu, 7 Apr 2024 05:56 0 25 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (5/4). Ini merupakan keberangkatan pertama dari total rangkaian empat keberangkatan mudik gratis yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

“Hari ini saya senang sekali dapat hadir di tengah-tengah Bapak Ibu sekalian dalam rangka melepas keberangkatan pertama Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujar Menhub kepada seluruh pemudik.

Menhub menyatakan, program Mudik Gratis ini merupakan bagian Kemenhub dalam mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan. Kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan kapal laut.

“Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal laut, para pemudik bisa istirahat di dalam kapal,” tutur Menhub.

Menhub mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mengikuti mudik gratis. Total kuota yang disediakan pada program Mudik Gratis Kapal Laut ini sebanyak 4.800 sepeda motor dan 9.600 penumpang.

“Saya senang karena lebih dari 2.000 penumpang yang naik dan lebih dari 1.000 motor yang berangkat pada hari ini. Tahun depan semoga kuotanya bisa dua kali lipat. Mudik motor naik kapal ini merupakan wujud mudik ceria yang berkeselamatan,” kata Menhub.

Kementerian Perhubungan menyediakan 4 kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Keberangkatan tersebut terbagi atas 2 perjalanan di arus mudik dan 2 perjalanan di arus balik dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik diadakan pada tanggal 5 dan 7 April 2024. Sementara, keberangkatan arus balik dilakukan pada 13 dan 15 April 2024. Kuota masing-masing perjalanan adalah 1.200 motor dan 2.400 penumpang.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Ombudsman RI Hery Susanto, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama Pelni Tri Andayani, serta Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Hendri Ginting.(RYS/HH/SR/BRD)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x