x

Dirjen IKP Usman Kansong, Kominfo Rilis Buku Elektonik Panduan Mudik Natal dan Tahun Baru 2023/2024

waktu baca 3 menit
Senin, 11 Des 2023 23:59 0 30 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis buku elektronik Mudikpedia Nataru sebagai panduan untuk para pemudik pada natal dan tahun baru 2023/2024.

Panduan ini berisi data-data dan angka-angka, daerah tujuan perjalanan Nataru, yang terhubung dengan kamera pemantau (CCTV) seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga yang bisa diakses di https/s.id/mudikpedia.

“Jadi dengan mengakses buku ini kita jadi tahu mana daerah yang barangkali macet dan lancar. Kemudian kita semua sebutnya Mudipedia Nataru,” ujar Direktur Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong dalam jumpa pers terkait persiapan natal dan tahun baru 2023-2024 di Kantor Kominfo, Jakarta, pada Senin (11/12/2023).

Turut hadir dalam konferensi pers ini Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati.

Dirjen Usman mengatakan, pada Mudipedia Nataru terdapat lokasi istirahat, posko-posko siaga, petunjuk jalur alternatif hingga transprtasi publiknya.

Dengan mengakses Mudikpedia ini, masyarakat diharapkan bisa menikmati liburan Nataru dengan nyaman.

“Jadi masyarakat bisa menjadikan buku ini sebagai panduan. Hadirnya buku elekotronik ini menjadi cara kami untuk memandu masyarakat dalam menikmati libur Nataru,” jelas dia.

Selain Mudikpedia Nataru, tugas Kementerian Kominfo sebagai bagian Tim Komunikasi Publik lintas kementerian dan lembaga Nataru 2023/2024, adalah menyiapkan infrastruktur komunikasi.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo terus berkoordinasi dengan perusahaan operator selular untuk menyiapkan kapasitas jaringan yang diperlukan.

Untuk Telkom misalnya telah menyiapkan kapasitas 49,7 terabyte persecon (tbps) dan ekspans kapasitas backbone hingga 28.3 gigabyte per second (gbps).

“Telkomsel juga meningkatkan gateway gprs atau ggsn hingga 13.21 tbps dan kapasitas internet 11.08 gbps,” imbuhnya.

Selain operator selular Badan Usaha Milik Negara (BUMN), operator selular swasta seperti Indosat Ooredo (IOH) juga menaikan kapasitas jaringan internetnya 50 persen lebih besar dari hari normal.

Hal serupa juga dilakukan XL Axiata yang menambah kekuatan jaringan dua kali lipat dari biasanya dan Smartfren yang menambah enam persen dari kapasitas normalnya.

Perusahaan operator seluer juga menugaskan para petugas masing-masing untuk selalu bersiaga selama 24 jam dalam satu hari selama satu minggu, terutama di saat antara natal dan tahun baru.

“Itu di tanggal 24 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 dimana operator seluler ini meningkatkan kapasitasnya dan mengerahkan petugasnya. Begitu juga ada Command Center dan Call Center beroperasi selama 24 jam,” jelas Usman Kansong.

Selain itu Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika SDPPI) Kominfo melakukan monitoring spektrum frekuensi di beberapa titik seperti bandara, pelabuhan, terminal yang akan mengalami peningkatan traffic.

Langkah ini dilakukan utk memastikan tidak terjadi gangguan akibat peningkatan traffic saat periode Nataru 2023-2024.

“Kami juga lakukan optimasi kualitas dan kapasitas jaringan di titik-titik keramaian seperti jalur mudik, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, tempat wisata, tempat ibadah dan permukiman dgn pertumbuhan traffic broadband yang signifikan,” tutur Dirjen Usman.

Tak hanya itu, Operator selular juga menambah mobile Base Transceiver Station (BTS) di pusat-pusat keramaian, seperti tempat wisata dan ruang-ruang publik.

Kominfo juga akan melakukan rehearsal test jaringan telekomunikasi dan drive test di sepanjang jalur mudik untuk memastikan jaringan kualitas layanan tetap terjaga

“Dari sisi penyelenggaraan pos, kami menambah kapasitas pengiriman, collection, procession, transporting dan delivery karena diperkirakan akan terjadi peningkatkan volume pengiriman hingga 40 persen di banding saat normal, ditambah total kiriman e-commerce yang mencapai 9-11 juta paket perhari,” kata Usman Kansong.

Penyelenggaraan pos juga dipastikan sudah siap mendukung aktivitas mudik Nataru di jaringan pos seluruh kabupaten dan kota.

Titik layanan pos tersebut berupa kantor, gerai dan sebanyak 3.557 jaringan yang tersebar di 7.230 kecamatan.

“Dengan penyiapan di sisi komunikasi publik dan infrastruktur, Kominfo berharap mudik natal baru ini bisa berlangsung lancar tanpa hambatan berarti dan kalau ada hambatan muncul kami akan menyelesaikan di kesempatan pertama dalam waktu yang cepat,” pungkas Dirjen IKP Kominfo.[RED/IP].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x