x

Biro Humas Dorong Satker Daerah untuk Tingkatkan Peran Humas di Tahun 2024

waktu baca 2 menit
Sabtu, 20 Jan 2024 18:34 0 33 Redaksi

DelikAsia.com, (Denpasar) | Sebagai instansi vertikal yang memiliki satuan kerja (satker) di penjuru Indonesia, peran kehumasan dalam Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dinilai penting. Perlu adanya kerja bersama seluruh satker agar proses kehumasan berjalan dengan baik, sehingga program kerja dan layanan Kementerian ATR/BPN dapat tersampaikan hingga ke daerah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan (IP3), Biro Hubungan Masyarakat, Adhi Maskawan saat sesi pembekalan dalam kegiatan Sinkronisasi Program dan Penyusunan Target Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2025. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Kementerian ATR/BPN, pada Kamis (18/01/2023) di Aryaduta Hotel, Kota Denpasar.

Dalam sesi pembekalan yang membahas program dukungan manajemen di daerah oleh pejabat administrator ini, Adhi Maskawan secara umum menyampaikan mengenai kegiatan kehumasan yang berkontribusi membangun citra positif bagi Kementerian ATR/BPN.

“Untuk membangun citra positif itu, kita perlu kerja sama terutama dalam mempublikasikan hasil kerja kita ke ruang publik. Agar apa yang kita kerjakan juga diketahui masyarakat,” ungkap Adhi Maskawan.

Menurut Adhi Maskawan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan satker di daerah untuk membangun citra positif. “Setiap satker perlu melakukan penguatan hubungan dengan pemangku kepentingan dan instansi terkait, juga wajib membangun relasi dengan media,” jelasnya.

Selain itu, satker harus melakukan pembinaan hubungan dengan komunitas masyarakat, serta melakukan pengelolaan pengaduan dan layanan informasi publik. “Harapannya, semua satker mulai memberi perhatian lebih terhadap kerja-kerja kehumasan. Kegiatan kehumasan ini tampak sederhana dari luar tapi perannya untuk kemajuan kementerian sangat besar,” terang Adhi Maskawan.

Pada kesempatan ini, Adhi Maskawan juga menyampaikan rencana kehumasan di daerah untuk tahun 2024. Beberapa di antaranya seperti membangun strategi komunikasi di seluruh satker, melakukan sosialisasi program strategis Kementerian ATR/BPN di 20 provinsi, serta melakukan pengelolaan pengaduan dan memberikan layanan informasi publik di seluruh satker.

Hadir memberi paparan, Kepala Bagian Tata Naskah dan Kearsipan Biro Umum dan Layanan Pengadaan, Lusi Komala Sari; Kepala Subbagian Tata Usaha dan Kesejahteraan Pegawai Biro Organisasi dan Kepegawaian, Anggun Mahirinna. Bertindak selaku moderator, Kepala Bagian Rancangan Penganggaran, F.X. Budi Widodo. Hadir secara daring, Kepala Bagian Anggaran dan PNBP Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN), Iin Herawati. Turut mendampingi Kepala Bagian IP3, Kepala Subbagian Tata Usaha Biro Humas, Riki Savitri beserta jajaran.[SAFAR/RED].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x