x

Bersama Presiden RI, Wamenhan Hadiri Pelepasan Bantuan Kemanusiaan Untuk Mesir dan Sudan

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Apr 2024 04:41 0 13 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra menghadiri kegiatan pelepasan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Mesir dan Sudan — mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berhalangan hadir karena tugas kenegaraan lain. Kegiatan ini sendiri dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4).

Pemerintah Indonesia mengirim bantuan kemanusiaan berupa peralatan kesehatan dan obat-obatan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjaga perdamaian dunia.

Saat memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia sangat berkomitmen menjaga perdamaian dunia serta terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan, baik yang terjadi sebagai akibat perang maupun karena bencana alam. Presiden juga menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza; dan juga konflik internal yang terjadi di Sudan, hingga menimbulkan banyak korban.

“Untuk kesekian kalinya kita kembali melakukan misi kemanusiaan dengan mengirim bantuan ke Mesir dan Sudan, guna membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan. Bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih 30 miliar rupiah, berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan. Dan juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan,” ujar Presiden.

Bantuan dari Indonesia ini akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia; turut mengantarkan bantuan kemanusiaan ini adalah Delegasi RI yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, dan beranggotakan seluruh unsur kementerian dan lembaga, serta mitra pemerintah.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan,” tambah Presiden.

Selain Wamenhan M. Herindra, sejumlah Menteri yang turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pelepasan bantuan kemanusiaan ini adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin; serta Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo; juga Duta Besar Mesir dan Duta Besar Sudan. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x