x

Akhiri Tugas Mahasiswa UPER Bersama BRIN, Affriza Dapatkan Beasiswa Barista

waktu baca 2 menit
Jumat, 22 Mar 2024 01:55 0 47 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) |  Mahasiswa Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina (UPER) angkatan 2020 Muhammad Affriza Bayulaksana, berhasil mendapatkan program beasiswa BARISTA yang dikeluarkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Deputi Bidang Sumber Daya Manusia IPTEK. Program beasiswa yang diberikan berupa bantuan uang kuliah dan biaya riset tugas akhir kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Strata (S1, S2, dan S3) untuk menyelesaikan tugas akhir yang berbasis kerjasama riset di unit kerja lingkungan BRIN.

Adapun untuk judul tugas akhir yang sedang dijalankan oleh Affriza ialah ‘Pemetaan Struktur Bawah Permukaan Wilayah Timor Menggunakan Teleseismic Tomography’, dengan dosen pembimbing Sandy K Suhardja, Ph.D., beserta pembimbing instansi Dr. Mohamad Ramdhan, S.T., Μ.Τ.

Sebagai penerima beasiswa tersebut, Affriza mendapatkan manfaat berupa tunjangan uang kuliah tunggal maksimal 2 (dua) semester dengan nominal pembayaran yang ditetapkan perguruan tinggi maksimal Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) per-semester. Serta mendapatkan dana bantuan riset untuk jenjang diploma IV/strata satu (S1) berjumlah Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah) yang disalurkan ke rekening penerima beasiswa BARISTA setelah mengunggah tugas akhir berupa skripsi yang telah disahkan oleh perguruan tinggi.

Affriza mengatakan bahwa ia mengetahui informasi beasiswa tersebut melalui pesan broadcast yang dibagikan oleh kepala Program Studi Teknik Geofisika di Whatsapp Group angkatannya. “Sekitar 5 hari sebelum tenggat waktunya, akhirnya saya inisiatif memutuskan untuk ikut dan bimbingan dengan dosen yang familiar dengan BRIN. Akhirnya bimbingan, penentuan topik, pembuatan proposal, mencari pembimbing instansi, dan juga administrasi buat syarat beasiswa dikejar dalam kurun waktu 4 – 5 hari. Walaupun dengan jangka waktu yang sangat sempit, akan tetapi pengerjaan sangat tertolong oleh bantuan dosen pembimbing dan juga staff prodi yang mampu memenuhi syarat administrasi dalam kurun waktu tersebut,” ucap Affriza.

Affriza turut membagikan kiatnya dalam mendapatkan beasiswa. Berikut diantaranya;

  1. Pastikan Kejelasan Informasi

Informasi yang didapatkan harus disaring dan dipahami terlebih dahulu. Perhatikan dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi.

  1. Memiliki Ketertarikan dan Niat

Saat ini sudah banyak pihak yang menyediakan beasiswa dengan berbagai kualifikasi. “Ketika kita sudah tertarik dengan suatu beasiswa maka harus membangun niat untuk memulainya,” ujar Affriza.

  1. Jangan Menunda

Pepatah mengatakan ‘waktu adalah emas’, dalam artian waktu sangat berharga dalam kehidupan ini. Jika sudah memiliki niat, maka harus gerak cepat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dan fokus dengan apa yang dikerjakan. “Berikan usaha paling maksimal dan jangan mengerjakan suatu hal dengan setengah-setengah,” tutup Affriza.https://universitaspertamina.ac.id/

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x