x

BAZNAS RI Buka Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar dan Timur Tengah 2023, Ini Syaratnya

waktu baca 3 menit
Selasa, 12 Des 2023 22:48 0 34 Redaksi

DelikAsia.com, (Jakarta) | Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI membuka Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah (BCB Al-Azhar dan Timur Tengah) Tahun 2023, mulai tanggal 11 hingga 20 Desember 2023 pukul 23.59 WIB secara online.

Hal ini disampaikan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, saat memberi sambutan pada Pembukaan Program BCB Al-Azhar dan Timur Tengah di Markas Darul Lughoh Syaikh Zaid Kampus Al-Azhar Mesir, Ahad (10/12/2023).

Turut hadir, Atase KBRI Kairo Bidang Pendidikan Bambang Suryadi, Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan M.Si dan Drs. Kol (purn) Nur Chamdani, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof Sudarnoto Abdul Hakim, para perwakilan dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Rumah Zakat (RZ), serta Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

“Untuk kuota BCB Al-Azhar dan Timur Tengah tahun 2023, BAZNAS menyiapkan 300 beasiswa bagi mahasiswa yang lulus seleksi. Ini merupakan bentuk keberpihakan BAZNAS terhadap pendidikan dan kaderisasi ulama di Indonesia,” kata Saidah.

Saidah mengatakan, bantuan diberikan selama maksimal 2 tahun masa studi.
Adapun beasiswa dibuka bagi mahasiswa aktif di Kampus Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah lainnya. “Beasiswa ini mencakup uang saku, pembuatan seragam hingga pembinaan dari BAZNAS, PPMI, dan OIAA,” kata Saidah.

“Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif yang sedang menempuh kuliah dengan melampirkan Surat Keterangan Aktif dari kampus atau Kartu Mahasiswa yang masih berlaku,” tambahnya.

Sementara itu, Atase KBRI Kairo Bidang Pendidikan Bambang Suryadi menyampaikan apresiasi kepada BAZNAS RI yang kembali membuka beasiswa untuk keempat kalinya bagi mahasiswa di Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah.

“Pendidikan merupakan hal yang penting bagi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BAZNAS yang telah memfasilitasi kebutuhan biaya pendidikan bagi mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah,” katanya.

Syarat BCB Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah:

1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga

2. Mahasiswa aktif Universitas Al-Azhar Mesir dan Timur Tengah lainnya dibuktikan dengan melampirkan isbat qayyid (Surat Keterangan Aktif) dari Kampus atau Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku

3. Tidak sedang menerima beasiswa lain

4. Tidak menikah dan bersedia tidak menikah selama mendapat beasiswa

5. Memiliki hafalan atau penguasaan kitab menjadi nilai lebih

6. Melampirkan Ijazah SMA/Sederajat

7. Mendapat rekomendasi dari tokoh masyarakat (Format sudah disiapkan)

8. Surat Pernyataan (Format sudah disiapkan)

9. Surat persetujuan orang tua (Format sudah disiapkan)

10. Membuat esai “Kuliah di Al-Azhar dan Rencana Pasca Lulus”

Mekanisme Pendaftaran:

1. Peserta menyiapkan dokumen dan data yang dibutuhkan

2. Peserta mengunduh dan melengkapi formulir pendaftaran secara online yang tertera dalam Buku Panduan atau klik tautan: bit.ly/formulirbcbalazhar-timteng2023

3. Peserta dapat mengunggah dokumen pada tautan: bit.ly/daftar-bcbalazhar-timteng2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x